Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Zonny Waldi mewakili Penjabat Gubernur Sumatera Utara menyerahkan bibit ikan kepada masyarakat dan nelayan kawasan Danau Toba di Balai Harungguan Bolon Parapat, Sabtu (8/4/2018). Sebanyak 32.000 bibit ikan yang dibagikan di lepas di pantai kawasan Danau Toba demi melestarikan populasi ikan yang ada di kawasan tersebut. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

PARAPAT – Sebanyak 32.000 ekor benih ikan berbagai jenis ditebar di Pantai Danau Toba. Tujuannya untuk melestarikan populasi ikan di Danau Toba yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Acara itu ditandai dengan pelepasan bibit ikan di pantai Danau Toba secara bersama-sama oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi mewakili Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provsu Zubaidi, Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu Mulyadi Simatupang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Riadil Akhir Lubis, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, perwakilan LSM dan masyarakat, Sabtu (4/8).

Zonny Waldi mengatakan, penyebaran benih ikan ini merupakan salah satu kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terhadap lingkungan Danau Toba dan sekitarnya. “Jika ikan yang disebar hidup maka itu berarti lingkungan dan perairan di Danau Toba masih bagus,” ujarnya.

Penyebaran benih ikan ini juga untuk melestarikan populasi ikan di Danau Toba, dengan harapan ikan tangkapan nelayan di daerah ini akan semakin banyak dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sehingga secara bertahap dapat mengalihkan masyarakat dari pembudidaya ikan menjadi penangkap ikan. Dan keberadaan kerambah jaring apung (KJA) di Danau Toba dapat dikurangi, sesuai dengan Peraturan Gubernur tentang daya dukung dan daya tampung Danau Toba,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu Mulyadi Simatupang mengatakan, benih ikan yang dilepas berukuran 5-8 cm sebanyak 32000 ekor. “Setiap tahun kita ada menebar sedikitnya 1,2 juta ekor benih ikan berbagai jenis di Danau Toba. Tujuannya untuk melestarikan populasi ikan di Danau Toba, sekaligus mengurangi keberadaan KJA di Danau Toba,” ujarnya.**