MEDAN– Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke- XXVII akan diikuti sebanyak 88 orang peserta untuk cabang tafsir Al-Quran. Khususnya tafsir Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

“Hari ini di gedung H Anif cabang tafsir Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, pelaksanaannya berlangsung baik dan dihadiri seluruh peserta di hari pertama ini,” kata Koordinator bidang perlombaan Tafsir Al-Quran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Khairil Ansari, di gedung H Anif Kompleks Unimed Jalan Pancing Medan, Minggu (7/10/2018).

Untuk perlombaan tafsir Alquran Bahasa Inggris lamanya waktu dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sampai dengan pukul 14.11 WIB dengan berjumlah 12 peserta. Selanjutnya, waktu istirahat selama 20 menit. Sedangkan lomba tafsir Bahasa Indonesia diperkirakan pada pukul 14.30 WIB sampai sekira pukul 18.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 11 orang peserta.

“Target per hari lomba sebanyak 23 orang peserta, kita harap sejumlah 88 orang peserta putra / putri ini tuntas sampai penyisihan pada Rabu (10/10/2018). Kemudian dilanjutkan final di hari Kamis (11/10/2018),” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia ini, berdasarkan jadwal lomba tafsir Al-Quran ini sudah berakhir pada Kamis (11/10/2018). Sehingga Khairil mengajak masyarakat di Kota Medan dan sekitarnya untuk bersama-sama menghadiri lomba tafsir ini.

“Harapan kami pada masyarakat ikut berpartisipasi di acara ini, karena mungkin hari ini minggu (7/10/2018) belum terlihat semaraknya, apalagi kampus (Unimed) ini libur, tapi kita yakin gaungnya akan semakin baik terkhusus dengan kehadirian Pak Presiden RI (Jokowi) hari ini,” harapnya.

Sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ Nasional XXVII, tegasnya, Sumut harusnya bisa memanfaatkan ini sebagai arenanya. “Jadi, harus lebih semangat, apalagi pak Gubernur (Edy Rahmayadi) berharap Sumut bisa 5 besar,” pungkasnya. (*)