Ketua Dekranasda Provsu Evi Diana Erry Nuradi melihat kerajian tangan masyarakat disela-sela Kegiatan Pengembangan Produk Unggulan Kerajinan Daerah dan Ekonomi Kreatif pada Pelatihan Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk Keramik Gerabah di desa Wonosari Kec. Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, beberapa waktu lalu.

MEDAN – Perhelatan Inacraft 2018 direncanakan dibuka langsung  Presiden RI Joko Widodo pada Opening Ceremony Inacraft tangal 25 April 2018.  Inacraft kali ini, Sumatera Utara (Sumut) diangkat sebagai icon utama dengan Tema “From Smart Village To Global Market dan Sub Tema 20 Tahun Inacraft Mewarnai Dunia”.

Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Sumut Hj Evi Diana Erry Nuradi berharap semua pihak dapat mensukseskan penyelenggaraan  Inacraft 2018 tangal  25 – 29 April 2018 di  Jakarta Convention centre, Jakarta.

“Tak hanya produk kerajinan, semua seni dan budaya di Sumut juga akan tampilkan dan kita harapkan semua warga Sumut yang ada di Jakarta untuk datang meramaikan acara tersebut,” harap Evi yang juga Ketua TIM Penggerak PKK Sumut ini, Senin (23/4).

Apalagi, lanjut Istri Gubsu ini,  momen  ini merupakan momen yang tepat bagi para perantau asal Sumut yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang selama ini tak sempat pulang ke kampung halamanya. ” Nah nantinya  warga Sumut yang ada di Jakarta benar-benar merasakan suasana di Sumut,” janjinya.

Saat ini, persiapan yang telah dilakukan Dinas Perindustrian Sumut untuk menggelar event ini sudah final. Produk-produk  unggulan  daerah masing-masing  di kabupaten /kota dan juga Provinsi Sumut juga telah siap ditampilkan di tempat strategis  di areal lobi utama dengan luas 180 M2 atau setara dengan 20 stand di Paviliun daerah.

“Stand untuk Provinsi Sumut di Main Lobby sebagai ajang promosi produk unggulan dan Sumut juga ada 45 stand untuk kabupaten/kota dan BUMN/BUMD yang ada di Sumut,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin, menambahkan  pelaksanaan pameran Inacraft 2018   tertuang dalam surat Ketua BPD Asephi Sumut No. 37/BPD-SU/Asephi/IX/2016 tanggal 3 Oktober 2016 perihal Icon Inacraft  2018 di JCC Jakarta.  Kemudian surat keputusan Ketua Umum Asephi No. SU-107/BPP/Asephi/IV/2017 Sumut sebagai icon Pameran Inacraft ke 20.

“Acara yang akan digelar selama lima hari ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perdagangan  dan Ketua Umum BPP Asephi,” kata Alwin.

Selain itu, nantinya Presiden dan rombongan juga akan melakukan peninjauan pameran Inacraft 2018.  Esok harinya, juga akan digelar seminar Inacraft, workshop dan penampilan seni dan budaya Sumut. “Untuk hari Jumat dilakukan penjurian Inacraft Award 2018 yang nantinya akan dilakukan penganugrahan Inacraft 2018,” katanya.

Untuk hari Sabtu  dan Minggu, selain  digelar acara seni dan budaya Sumut serta workshop juga dilakukan pengundian door Prize.   “Jadi nantinya para pengrajin kita  dari Sumut dapat membuka mata dengan melihat kerajian-kerajian  dari dareh lain sebagai inspirasi  untuk mengembangkan produktivitasnya,” harapnya.*