Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sumatera Utara, Evi Diana T. Erry Nuradi membuka kegiatan pengajian Ramadhan 1439 H Tahun 2018 di Aula Dharma Wanita Provsu Jalan Cik Ditiro Medan, Senin (21/5/2018). Diharpkan dengan adanya pengajian ini dapat menata hati secara lisan dalam bulan suci Ramadhan ini, hingga bisa mencapai ibadah puasa yang berkualitas dan lebih baik dari tahun sebelumnya. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut : Veri Ardian)

MEDAN – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Karena itu, seluruh masyarakat, khususnya anggota Dharma Wanita diajak untuk meraih kesempatan emas ini dengan memperbanyak amal ibadah dan karya yang bermanfaat bagi lingkungan dan sesama manusia.

Hal itu disampaikan Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provsu Ny Evi Diana Erry Nuradi di hadapan para anggota DWP Provsu pada kegiatan Pengajian Ramadhan 1439 H, Senin (21/5) di aula Dharma Wanita Persatuan Provsu Jalan Cut Nyak Dien Medan.

“Puasa Ramadhan adalah kewajiban dan merupakan perintah Allah SWT, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca, memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al Quran dan juga memperbanyak sholat sunnah, serta melakukan kegiatan yang positif. Juga banyak melakukan amal ibadah yang bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya.

Dikatakan Evi Diana, Ramadhan hendaknya jangan dijadikan sebagai kegiatan ritual semata, sehingga tidak mendapat nilai dari puasa itu sendiri, tetapi hanya menahankan rasa lapar dan haus saja. “Sudah seharusnya kita sambut dengan gembira dan penuh harapan datangnya bulan Ramadhan ini, karena selama bulan ini kita pada hakekatnya menjalani proses penggemblengan ketahanan jiwa dan raga menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam kehidupan,” jelasnya.

Di saat jasmani menahan segala hawa nafsu dari berbagai hal berhubungan dengan makanan dan minuman, menurut Evi Diana, rohani juga dilatih untuk menahan dari segala godaan setan dan perbuatan yang mungkar.

“Dalam perjalanan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ini, dengan dilandasi kebersihan hati dan ketulusan niat karena Allah SWT, penuh kesabaran dan diperkuat dengan rasa optimis, diharapkan kita mampu memberikan prestasi yang lebih baik, amal ibadah semakin bertambah dan etos kerja serta kegairahan mengelola organisasi Dharma Wanita Persatuan yang semakin mantap,” ujarnya

Sementara itu, Ustadz Dr H Azhari Akmal Tarigan dalam tausiyahnya menyampaikan, peran ibu di bulan Ramadhan cukup banyak. Selain beribadah, peran perempuan sebagai ibu sangat penting untuk menciptakan kasih sayang dengan sholat tarawih berjamaah, menyiapkan makan sahur dan menyiapkan berbuka puasa. “Jika dilaksanakan bersama keluarga, akan sangat bermanfaat dan merupakan sebuah pengabdian yang tulus demi keutuhan dan kehamonisan solid dan akan memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.**