Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meninjau langsung lokasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII 2018 di Astaka MTQ Jalan Pancing Medan, Jumat (28/9/2018). Gubsu meminta semua pihak terkait untuk lebih cepat lagi dalam menyelesaikan segala persiapan MTQ mendatang. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengelilingi dan mengecek langsung lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXVII 2018 di kawasan lokasi utama (Astaka) Jalan Pancing Medan, Jumat (28/9). Persiapan untuk menyambut para kafilah dari seluruh provinsi se-Indonesia diminta tuntas sebelum pembukaan.

“Kita ingin semuanya terlihat bagus. Jadi saya mau ini semua disiapkan. Kita harus kerjakan, semua harus turun. Ini untuk Sumatera Utara,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, sambil terus memantau dan mengamati kesiapan secara teknis dari sisi tampilan serta pendukung lainnya.

Dalam peninjauan tersebut, semua aspek kesiapan fisik menjadi perhatian Gubernur. Dirinya bahkan memulai langkah dari gerbang masuk lokasi MTQN XXVII 2018. Penataan pintu gerbang, lokasi parkir, taman, sampai pada kesiapan Astaka yang direncakan nantinya akan ada kejutan. Dimana penampilan kafilah melantunkan ayat Suci AlQuran, akan ditata sedemikian rupa.

“Langsung ketahui tanggungjawabnya masing-masing. Kenapa saya katakan kita hanya kerja enam hari mulai hari ini. Karena (sampai) tanggal tiga (3/10), kita maksimal kerja. Hari berikutnya tamu sudah datang,” tegas Gubernur.

Dengan begitu, Edy meminta seluruh pihak terkait termasuk para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi panitia, menghitung waktu guna menyelesaikan pekerjaan tersebut. Bahkan untuk memastikan semuanya baik, Pemerintah Kota Medan dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang bersama jajarannya, juga dikerahkan untuk persiapan tersebut.

BACA JUGA  Kunjungi Anjungan Sumut di TMII, Gubsu dan Komisi C DPRD Sumut Bahas Aset Pemprovsu

Sementara dalam Apel persiapan tersebut, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah selaku inspektur upacara yang dihadiri juga unsur Forkopimda Sumut, mengingatkan bahwa event MTQN XXVII pada 4-13 Oktober 2018 ini ditinjau dari pengembangan perekonomian wilayah memiliki multiplier effect terhadap pembangunan di Sumut. Mengingat sekitar 5.000 orang yang terdiri dari kafilah/peserta, pendamping dan dewan juri dari seluruh Indonesia akan hadir di sini.

“Kita tentu ingin memuliakan tamu yang berkunjung ke daerah kita. Karenanya kita harus menjamin event MTQN XXVII 2018 di Sumatera Utara ini berjalan sukses, baik dalam penyelenggaraan maupun meraih prestasi. Sehingga MTQN ini menjadi momentum kenangan yang indah kepada tamu-tamu kita untuk kesempatan yang akan datang berkunjung kembali ke sini,” jelasnya.

Dirinya juga mengharapkan, selain apel persiapan tersebut, event ini juga harus disampaikan ke pubik secara luas melalui berbagai media. Karena diharapkan Wagub, masyarakat juga antusias hadir di seluruh lokasi acara yang disiapkan.

“Dan kami juga berharap media (massa) membantu informasi dan publikasi tentang ini. Karena suksesnya event ini, sukses juga buat Sumut. Sampai saat ini kita lihat persiapan terus dilakukan. Kemudian untuk pendampingan, kita juga akan berupaya agar tamu-tamu kita terlayani,” katanya.

Masih di lokasi yang sama, Sekdaprov Sumut Dr Hj R Sabrina bersama jajaran pimpinan OPD Pemprov

Sumut juga langsung berdiskusi. Termasuk berkoordinasi bersama unsur Forkopimda dari jajaran Polda Sumut, Kodam I/BB, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, serta jajaran OPD Deli Serdang dan Medan.

BACA JUGA  Edy Rahmayadi turun ke sawah "Kita tunjukkan kepada Pak Jokowi"

“Mulai besok semua harus kita kerjakan. Akan ada 1.000 orang yang turun. Dari TNI ada 800 orang, dari Pemkab Deli Serdang 200 orang. Jadi kita berhadap semua mempersiapkan apa yang diperlukan,” sebut Sabrina. **