Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara, Drs. Eko Subowo, MBA ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jl. Sisingamangaraja, Jum'at (17/8) (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN – Suara terompet saling sambut dengan irama nada penghormatan mengiringi ribuan orang yang hadir di Makam Pahlawan Medan, Jumat (17/8) dini hari, pukul 00.00 Wib. Doa pun dipanjatkan di tengah jajaran pusara pejuang dalam rangka Apel Kehormatan dan Renungan Suci 73 tahun Kemerdekaan RI itu.

Adalah Panglima Kodam (Pangdam) I/BB Mayjen TNI Ibnu Tri Widodo selaku Inspektur Upacara yang memimpin jalannya apel sekaligus renungan suci kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI yang telah berusia 73 tahun sejak diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, bersama seluruh rakyat Indonesia.

Ribuan orang pun hadir, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Eko Subowo bersama puluhan jajaran Pejabat Eselon II dan lainnya, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Kepala Kajati Sumut Bambang Sugeng Rukmono, jajaran TNI/Polri, ASN, organisasi massa, organisasi kepemudaan serta masyarakat yang juga antusias menyaksikan upacara penghormatan tersebut.

Dari halaman Makam Pahlawan Medan, udara dingin dan suasana hening, ribuan orang di dalam kawasan itu, mengikuti apel dengan penuh khusuk. Tatkala, saat Pangdam I/BB menyampaikan kalimat-kalimat ucapan puji syukur kepada Tuhan dan rasa terimakasih atas perjuangan para pendahulu yang telah gugur merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI sejak 73 tahun lalu.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami juga. Dan jalan kebaktian yang anda ambil adalah jalan kebaktian kami juga. Kami berdoa arwah saudara-saudara diterima sebaik-baiknya di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” sebutnya, dalam suasana gelap dan hanya obor sebagai penerang.

Dari apel tersebut, Pj Gubsu pun tampak mengikuti rangkaian penghormatan kepada arwah pahlawan bersama unsur Forkopimda yang hadir. Doa dipanjatkan agar selain untuk kebaikan pejuang pendahulu, maupun untuk perjuangan generasi sekarang hingga yang akan datang. Dengan begitu, NKRI sebagai negara kesatuan dengan beragam suku dan budaya, tetap terjaga hingga masa-masa mendatang.

Usai mengikuti rangkaian acara, Pj Gubsu Eko Subowo bersama unsur Forkopimda lainnya memberikan penghormatan di depan gerbang Malam Pahlawan Medan, sebelum beranjak pulang. Juga diikuti seribuan peserta apel sebelum meninggalkan makam. *