Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Festival Nasyid antar Fakultas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Gelanggang Mahasiswa UINSU Jalan IAIN Medan, Kamis (4/4/2019). Wagub mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, dimana ini akan melahirkan dan meningkatkan generasi muda yang cinta akan Al Qur,an. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Festival Nasyid Antar Fakultas di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), Kamis (4/4), di Gelanggang Mahasiswa UIN SU Jalan IAIN No 1 Medan.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya MTQ dan juga Festival Nasyid UIN. Kegiatan ini, MTQ khususnya, membantu melahirkan dan meningkatkan generasi muda yang mencintai Quran,” ujar Wagub Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Perguruan tinggi, kata Ijeck, adalah mitra pemerintah dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Tidak hanya secara keahlian dan intelektual, tetapi juga secara karakter. “Mudah-mudahan dengan adanya MTQ ini, mahasiswa-mahasiswa UIN SU senantiasa semakin dekat dengan Quran dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Dirinya berharap para peserta maupun mahasiswa UIN SU nantinya bisa menjadi peserta yang mewakili Sumut untuk berkompetisi pada MTQ nasional di masa mendatang. “Siapapun pemenangnya pada MTQ ini nantinya tidak menjadi masalah, yang paling penting adalah meningkatkan semangat membaca dan mencintai Quran,” tutur Ijeck.

Lebih lanjut, Ijeck juga menyampaikan pujian atas kemajuan dan berbagai perkembangan yang sudah dan sedang berlangsung di UIN SU. “Saya amati, sudah banyak perubahan baik penambahan gedung dan perbaikan di sana-sini. Alhamdulillah jika banyak perubahan baik yang terlaksana di UIN ini, tentu akan melahirkan generasi muda islami yang berkualitas pula,” katanya.

BACA JUGA  Juara Indonesian Fun Science Award ke Jerman, Wagub Sumut: Jangan Nanti Diambil Negara Asing

Pembukaan MTQ diawali dengan penyerahan trofi bergilir MTQ oleh Wagub Musa Rajekshah kepada Ketua Panitia MTQ dan Festival Nasyid yakni Dr Syafruddin Syam. Kemudian, dilanjutkan dengan penyematan jubah kepada dewan hakim oleh Wagub didampingi Rektor dan pihak UIN SU.

Rektor UIN SU Prof Dr Saidurrahman MAg menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya MTQ dan Festival Nasyid antar Fakultas adalah untuk membentuk mahasiswa yang beriman dan berakhlaqul karimah sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut.

“Kami ucapkan selamat bertanding kepada anak-anak kami, mudah-mudahan kegiatan ini bisa meningkatkan kedekatan kita dengan Quran dan menjadi pedoman untuk kita menjalani kehidupan dunia ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Syafruddin Syam menjelaskan bahwa MTQ UIN SU dan Festival Nasyid antar Fakultas di Lingkungan UIN SU berlangsung sejak tanggal 4 dan 5 April 2019. Adapun total peserta yang megikuti kegiatan ini, kata Syafruddin, berjumlah sebanyak 262 peserta. Sedangkan cabang perlombaan yakni 23 cabang untuk putra dan putri.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ tersebut Sekretaris MUI Sumut H Ardiansyah, Ketua LPTQ UIN SU Sugeng Wanto, para dekan, dosen, dan civitas akademik UIN SU, para dewan hakim dan peserta.**