Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri dan membuka Jambore Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Sudirman Medan, Kamis (22/8/2019). Gubernur mengapresiasi Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumut atas raihan gelar Juara Umum Nasional pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-47 tahun 2019 di Sumatera Barat pada bulan Juli lalu. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Keberhasilan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut meraih gelar Juara Umum Nasional pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-47 tahun 2019 di Sumatera Barat pada bulan Juli lalu, mendapat apresiasi dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Apresiasi tersebut disampaikan Gubernur selaku Ketua Pembina TP PKK Sumut saat membuka Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sumut, di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan, Kamis (22/8) sore. “Selamat, satu per satu mari mulai kita kembalikan kejayaan Sumut ini,” katanya.

Edy Rahmayadi mengenang, di masa lalu Provinsi Sumut merupakan salah satu provinsi yang unggul dan memiliki banyak prestasi. Sayangnya, prestasi-prestasi tersebut sudah mulai banyak berkurang saat ini. Untuk itu, Edy mengajak seluruh pihak terlibat melalui peran dan bidang masing-masing mengharumkan Sumut.

“Termasuk PKK ini, yang sudah mengharumkan Sumut. Semoga ke depannya semakin banyak lagi prestasi yang diraih dan semakin banyak manfaat yang ditebar di tengah masyarakat,” ucapnya.

Saat itu, Edy mengajak para kader PKK untuk kembali mengingat asal muasal terbentuknya PKK di Indonesia. Bermula dari keprihatinan istri Gubernur Jawa Tengah, Ibu Isriati Moenadi, melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar. PKK dibentuk kemudian untuk memastikan keluarga sejahtera, sehingga tidak ada yang harus menderita busung lapar dan lainnya.

BACA JUGA  Jelang Acara Puncak Sail Nias 2019, Edy Rahmayadi Harap Sumut Jadi Tuan Rumah yang Baik

“Kaum ibu ini kalau sudah berbuat hebat-hebat ini, saya nantikan aksi-aksi TP PKK Sumut juga yang di kabupaten/kota, karena kalianlah yang paling dekat dan turun langsung di tengah masyarakat. Bantu kita wujudkan Sumut yang Bermartabat,” pesan Edy.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh Ketua dan anggota TP PKK kabupaten/kota se-Sumut. Nawal berharap acara Jambore menjadi momentum untuk bersilaturahmi sekaligus kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan.

“Kader PKK merupakan ujung tombak pelaksanaan gerakan PKK di tengah masyarakat. Jadi lah kader PKK yang menjalankan tugas dengan maksimal, kita munculkan inovasi-inovasi baru dalam mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Dan juga, kita pertahankan gelar juara umum nasional yang telah kita raih,” harap Nawal.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah melaporkan bahwa Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sumut tahun 2019 mengangkat tema Tertib Administrasi PKK dengan sub tema Sukseskan Tata Kelola Administrasi menuju PKK Unggul dan Bermartabat.

“Jambore merupakan agenda rutin PKK Sumut untuk memfasilitasi temu kader atau silaturahmi, juga sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas para kader melalui sejumlah lomba. Seperti Parade etnik, penyuluhan tertib administrasi, serta penyuluhan kelompok kerja satu hingga empat,” terang Sri Ayu Mihari.

Acara diawali dengan penampilan hiburan berupa tarian, nyanyian, dan pertunjukan senilukis oleh siswa-siswi SLB binaan Dinas Pendidikan Provinsi Sumut. Acara jambore berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 22 – 24 Agustus 2019.

BACA JUGA  73 Atlet Diharapkan Mampu Harumkan Nama Sumut di Pomnas XVI

Turut hadir yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumut Aspan Sofian selaku Sekretaris Pembina TP PKK Sumut, OPD Pemprov Sumut, anggota TP PKK Sumut, Ketua atau yang mewakili TP PKK kabupaten/kota se-Sumut dan para anggota hingga tingkat kelurahan.**