Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Dr Ir H Riadil Lubis MSi didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Dr H Asren Nasution MA mewakili Pj Gubsu dan masyarakat Sumut menyerahkan bantuan untuk para korban bencana gempa Lombok langsung kepada Sekda Provinsi NTB Ir Rosyiadi H Sayuti MSc PhD di Lombok, Selasa (14/8/2018).

LOMBOK – Bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk para korban bencana gempa Lombok telah sampai dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ir Rosyiadi H Sayuti MSc PhD di Lombok, Selasa (14/8).

“Kami hadir di sini, hari ini, mewakili Penjabat Gubernur Sumut dan Sekdaprovsu untuk menyerahkan bantuan kepada saudara-saudari kami yang baru saja tertimpa musibah. Mewakili masyarakat Sumut, kami sampaikan turut berduka cita yang mendalam kepada korban dan keluarga yang ditinggalkan,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Dr Ir H Riadil Lubis MSi.

Riadil yang didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Dr H Asren Nasution MA menyampaikan bahwa bantuan yang mereka bawa bersama relawan merupakan bantuan kolektif yang digalang melalui gerakan “Sumut Peduli Lombok”, yang diluncurkan langsung oleh Pj Gubsu Eko Subowo, Jumat (10/8).

“Sebelum datang ke sini, kami telah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan BPBD NTB terkait bantuan-bantuan seperti apa yang telah dibutuhkan. Menjawab kebutuhan tersebut, hari ini kami telah membawa bantuan pertama kami berupa selimut, sarung, mukena, tenda, matras, sembako, pakaian, uang, dan lainnya. Tidak hanya dari masyarakat, seluruh OPD Provinsi, kabupaten/kota, BUMN dan BUMD kita kerahkan,” ujarnya.

Riadil berharap kedatangan dirinya bersama relawan bisa membantu meringkankan beban dan mengurangi kesedihan yang dialami para korban bencana. “Kami turut mendoakan semoga amal ibadah para korban diterima Allah SWT dan ditempatkan di tempat terbaik-Nya. Bagi yang terluka, semoga cepat sembuh, dan pembangunan kerusakan di NTB bisa cepat berjalan normal kembali,” harap Riadil.

Sementara itu, Sekda Provinsi NTB Ir Rosyiadi H Sayuti MSc PhD mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu dan masyarakat Sumut atas bantuan yang diterimanya. “Atas nama masyarakat dan pemerintah, Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk bantuan dan kepedulian yang telah ditunjukkan oleh saudara kami masyarakat Sumut dan Pemprovsu,” ucapnya.

Rosyiadi berharap agar lebih banyak bantuan yang datang, khususnya untuk mempercepat pembangunan sekolah-sekolah dan fasilitas umum lainnya yang rusak akibat gempa. Hingga saat ini, ada beberapa pemerintah daerah yang sudah berkomitmen membantu NTB dalam membangun sekolah yaitu DKI Jakarta dan Surabaya.

Selanjut Tim Pemprovsu (BPBD Provsu) dan relawan berkunjung melihat langsung sisi lain dari dampak bencana di Lombok Timur dan Lombok Barat.**