MEDAN – Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi membuka Pembekalan Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 Provinsi Sumatera Utara Kementerian Hukum dan HAM, Senin (22/1) di aula di asrama Haji Medan. Gubsu berpesan agar para Calon PNS maupun kelak jika berstatus sebagai PNS selalu jujur dan menjauhi prilaku korup.

Gubsu dalam sambutannya mengatakan pemprovsu mengapresiasi Kemenkumham dalam seleksi penerimaan CPNS tahun 2017 yang cukup ketat dan murni. Dari 71 ribu pelamar hanya 1.592 orang yang diterima untuk wilayah Sumatera Utara dengan melalui berbagai jenjang mulai pendaftaran, seleksi administrasi dan lainnya. “Diharapkan ini bisa menjadi role model bagi instansi-instansi lainnya,” kata Gubsu Erry.

Erry pada kesempatan tersebut berpesan kepada CPNS yang telah lolos seleksi, diterima dan mengikuti orientasi pada hari ini agar tidak terlibat perbuatan-perbuatan tercela dan kriminal. “Kalian semua sebagai putra-putri terbaik jangan terkontaminasi perbuatan-perbuatan tercela, seperti terkontaminasi dengan narkoba atau perbuatan-perbuatan Kriminal lainnya. Jaga nama baik kalian, orang tua, terutama daerah kalian berasal yakni Provinsi Sumatera Utara,” pesan Gubsu.

Pemprovsu memberikan bantuan konsumsi selama lima hari bagi 1.592 peserta pembekalan orientasi CPNS tahun 2017 kementerian hukum dan ham wilayah Provinsi Sumatera Utara. Sebagai bentuk apresiasi Pemprovsu kepada putra-putri terbaik dari Provinsi Sumatera Utara yang berhasil masuk tes CPNS.

Sementara Ka Kanwil Kemunkumham Wilayah Sumatera Utara Liberti Sitinjak mengatakan bahwa penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham ini khusus wilayah Sumatera Utara paling tidak bisa menjawab tantangan, walaupun tidak secara keseluruhan tantangan di lingkungan kemhukham khususnya untuk penjaga rutan dan lapas di wilayah Sumatera Utara. Dari sudut rasio yang selama ini 1 berbanding 300 sekarang ini mungkin bisa 1 berbanding 110 – 120. “Harapan kita kekurangan itu tidak jadi kendala, kita bisa bekerja professional, inovatif sesuai dengan jargon yang kita miliki. Bagaimana kita bisa menjawab tantangan kedepan ini, bisa lebih baik dengan penerimaan ini,” sebutnya.

Pada kesempatan itu Liberti juga mengatakan bahwa seleksi CPNS lingkungan Kanwil Kemhukham provinsi Sumatera Utara tahun 2017 dengan seleksi ketat dan murni. Banyak pihak-pihak yang dirugikan. Termasuk misalnya ada surat sakti. Ada surat yang begini, ada surat yang begitu. Tetapi kementerian hukum dan ham mengabaikan surat sakti itu. Dan inilah putra-putri yang terbaik tanpa surat sakti. Begitu juga penempatan CPNS nantinya. “Anda masuk tanpa katabelece, demikian juga penempatan Saudara. Jangan coba-coba mengambil katabelece darimanapun dalam penempatan saudara,” tegas Liberti.

Sebelumnya ketua Panitia melaporkan bahwa alokasi formasi jabatan yang cukup besar, yaitu penjaga tahanan sebanyak 1.260 orang, pembimbing kemasyarakatan pertama sebanyak 27 orang, analis keimigrasian pertama sebanyak 189 orang, analis hukum sebanyak 10 orang, penata keuangan sebanyak 1 orang, dokter umum pertama sebanyak 1 orang, perawat pertama sebanyak 4 orang, pisikolog sebanyak 1 orang. dengan pemenuhan alokasi formasi berjumlah 1592 orang. “Khusus penjaga tahanan sebanyak 1.260 orang adalah formasi golongan dua yang secara keseluruhan adalah warga Sumatera Utara,” jelasnya.

Penjaga tahanan yang telah dinyatakan lulus lanjutnya, nantinya akan ditempatkan di seluruh cabang rutan dan Lapas yang berada di Provinsi Sumatera Utara. “CPNS juga nantinya akan bekali orientasi sebanyak dua tahap. Yang pertama sebanyak lima hari dan tahap kedua sebanyak enam hari,” sebutnya.

Turut Hadir pada kesempatan tersebut mewakili Ketua DPRD Sumut, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut Liberty Sitinjak, para pejabat tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas, para pejabat teknis Kanwil Hukum dan Ham Sumut, hadir pula beberapa OPD Pemprovsu seperti Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu, Ir Bonar Sirait MSi, Kabiro Hukum Setdaprovsu, H Sulaiman, SH, Kepala Biro Organisasi Syafruddin dan para peserta orientasi.