Buka Pospedasu 2018, Wagubsu Motivasi Santri Perbanyak Prestasi
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah Sumatera Utara (Pospedasu) di GOR Futsal Jalan Pancing Medan, Selasa (11/12/2018). Pospedasu ini diikuti sebanyak 1.236 Atlet yang berasal dari Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Provinsi Sumut (Pospedasu) ke VII Tahun 2018, di Gor Futsal Disprovsu Jalan Williem Iskandar Medan, Selasa (11/12).

Dalam kesempatan itu, Wagubsu yang juga akrab disapa dengan Ijeck memberi motivasi kepada para santri dan santriwati yang datang dari berbagai kabupaten/kota Sumut. Katanya, generasi muda harus senantiasa berkarya dan haus prestasi.

“Prestasi tentunya tak melulu di bidang akademik. Tetapi juga ekstrakurikuler, atau seni dan olahraga seperti yang kalian ikuti hari ini. Saya bangga dengan pelajar-pelajar yang habiskan waktunya untuk berkarya. Selagi masih muda, perbanyak prestasi,” ucapnya.

Ijeck pun menyampaikan bahwa tahun 2020 akan diselenggarakn PON di Papua. Dirinya berharap, melalui event ini, akan ada santri atau santriwati yang berprestasi dan bisa menjadi atlet yang mewakili Sumut nantinya. “Selain itu, tahun 2019 juga akan ada Pekan Olahraga Provinsi, kalian juga harus ikuti itu,” ujarnya menganjurkan.

Lebih lanjut, Ijeck pun mengingatkan para peserta untuk menjunjung sportivitas selama bertanding. Meskipun bersaing, tetapi para peserta tetap harus mengedepankan rasa kebersamaan dan kekompakan sebagai sesama anak muda Sumut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut (Dispora) H Baharuddin Siagian SH MSi selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa Pospedasu akan berlangsung hingga 15 Desember 2018. “Jumlah peserta yang mengikuti Pospedasu 2018 ialah sebanyak 1.236 orang dan berasal dari kabupaten/kota se Sumut,” tutur Bahar.

BACA JUGA  Terima Laporan Kunker Anggota DPRD Sumut, Wagub: Akan Segera Kita Tindaklanjuti

Adapun cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan, jelas Bahar, diantaranya cabor atletik yang diikuti 163 orang, cabor bola volly 153 orang, cabor futsal 174 orang, cabor pencak silat 204 orang, cabor senam santri 103 orang, cabor tenis meja 81 orang, pidato 3 bahasa 112 orang, kaligrafi 67 orang, kriya 48 orang, cipta puisi 58 orang, dan hadrah 60 orang.

“Tujuan dilaksanakannya Pospedasu diantaranya adalah sebagai persiapan menghadapi pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren nasional ke VIII di Jawa Barat Tahun 2019. Mudah-mudahan, melalui kegiatan ini kita bisa menjaring atlet potensial yang akan membawa prestasi untuk daerah kita pada Pospe Nasional tahun mendatang,” harapnya.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Pospedasu VII tahun 2018 yakni mewakili Pangkosek Hanudnas III Mayor Sus Drs Deden Sefelo MPd, mewakili Kabinda Letkol M Hutauruk, mewakili Danlantamal Letkol Laut Husni, mewakili Kajatisu Koordinator Intelijen Adung Sutrangono SH MHum, mewakili Kapoldasu Kabag Rohani dan Jasmani Ahmad Rudi Sialoho, mewakili Pengadilan Tinggi Hakim Tinggi Sazili, mewakili BNN Sumut Karjono SP, Kanwil Kemenag Sumut diwakili Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H Burhan Damanik, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis.**