Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berbuka puasa bersama dengan Forum Da’i dan Ustaz Muda (Fodium) Sumut dan Relawan Perempuan Pembangunan Masjid Agung Sumut (RPPMAS), Senin (13/5), di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan. Gubernur berpesan agar kedisiplinan berpuasa tetap dipertahankan. (Humaspemprovsumut/Alex)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berbuka puasa bersama dengan Forum Da’i dan Ustaz Muda (Fodium) Sumut dan Relawan Perempuan Pembangunan Masjid Agung Sumut (RPPMAS), Senin (13/5), di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan. Gubernur berpesan agar kedisiplinan berpuasa tetap dipertahankan.

Dengan penerapan kedisiplinan di Bulan Ramadan pada kehidupan sehari-hari, umat muslim bisa lebih makmur. “Di Bulan Ramadan kita dilatih kedisiplinan. Lihat di depan kita sudah ada makanan, tetapi walau buka puasa satu menit lagi tidak ada yang memakan makanan itu. Kalaulah ini kita terapkan di kehidupan sehari-hari, bukan hanya saat berbuka puasa dan di Bulan Ramadan, kita bisa lebih makmur,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, kedisiplinan itu penting, sehingga Islam mengajarkan kepada umatnya, salah satunya melalui berpuasa. “Islam menganggap disiplin itu penting. Selain menahan nafsu diri, selama puasa kita dilatih kuat untuk disiplin, bangun sebelum subuh untuk sahur, berbuka tepat waktu, salat malam, satu bulan ini kita dilatih. Jadi, harapan saya latihan ini tetap dipegang teguh setelah Bulan Ramadan usai,” ujar Edy Rahmayadi yang hadir bersama istri, yang juga Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Acara buka puasa bersama juga dirangkai dengan pengukuhan pengurus RPPMAS oleh Gubernur yang juga sebagai Pembina RPPMAS. Diharapkan, RPPMAS dapat berperan dalam upaya percepatan pembangunan Masjid Agung Medan.

BACA JUGA  Gubernur Sumut Lepas 393 Calhaj Kloter Pertama

“Saya Ketua Umum Panitian Pembangunan Masjid Agung Medan dan sekarang diangkat menjadi Pembina RPPMAS. Saya tentu berharap kita bisa bekerja sama untuk mempercepat pembangunan masjid kebanggaan kita ini,” kata Edy Rahmayadi, usai mengukuhkan pengurus baru RPPMAS.

Menurut Edy, semakin banyak orang yang bekerja sungguh-sungguh untuk pembangunan Masjid Agung, maka akan semakin cepat pula pembangunannya selesai. “Jika ini kita lakuan bersama-sama, saya yakin pembangunan Masjid Agung akan segera selesai,” tambahnya.

Ketua RPPMAS Sonda Sari Batubara berharap bisa saling bergandeng tangan dengan para anggotanya untuk percepatan pembangunan Masjid Agung yang sudah cukup lama belum terselesaikan.

“Kita akan berupaya untuk mempercepat pembangunan Masjid Agung Medan, salah satunya tentu dengan penggalangan dana. Masjid yang kita cintai ini harus bisa menjadi masjid kebanggaan Sumatera Utara. Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan ini,” kata Sonda.

Turut hadir sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut, anggota Fodium Sumut dan RPPMAS.**