Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Walikota Medan H.Tengku Dzulmi Eldin, dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sumatera Utara Bambang Priono menandatangani prasaasti pertanda diresmikannya gedung baru Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sumatera Utara di Jalan Brigjend Katamso No. 45 Medan, Sumatera Utara, Minggu (03/03).

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan A Djalil pada acara peresmian gedung Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Sumut di Jalan Brigjend Katamso Nomor 45, Medan, Minggu (3/3). Diharapkan ke depan, pelayanan di BPN Sumut semakin baik, terbuka dan transparan.

“Saya melihat filosofi yang baik dari kantor baru, yang didominasi oleh kaca. Kaca itu transparan, saya berharap pelayanan dari BPN kedepannya lebih terbuka dan transparan, serta dengan gedung baru ini pelayanan ke masyarakat pun harus lebih baik, tidak pakai proses yang lama,” ujar Wagub Musa Rajekshah.

Dalam sambutanya, Wagub juga menyinggung soal masalah tanah yang masih mendera warga Sumut. “Di Sumatera Utara masalah tanah itu selalu ada, tapi makin hari kian sedikit, artinya penyelesaian kepemilikan tanah semakin jelas, rakyat pun semakin mudah untuk mendapatkan kepastian atas tanahnya. Semoga kedepannya seluruh daerah di Sumatera Utara bisa terselesaikan masalahnya agar tidak ada konflik tanah lagi,” ujarnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil pun memuji tampilan baru gedung Kantor Wilayah BPN Sumut. “Saat ini kantor-kantor di pemerintahan sudah bagus-bagus, tapi jangan hanya lihat kantornya, karena yang diperlukan adalah isinya, bagaimana pelayanannya juga harus baik. Saya senang sekali melihat tulisan di depan kantor bertuliskan ‘Kawasan Bebas KKN’, tapi saya ingatkan kepada rekan-rekan itu jangan hanya jadi slogan saja,” tegasnya.

BACA JUGA  Wagubsu: Turut Berduka Cita Berpulangnya Ibunda Ustadz Abdul Somad

Sofyan juga menyampaikan, selain Kantor Wilayah BPN Sumut, ada empat kantor BPN lagi yang telah selesai dibangun, yakni Kantor BPN Kota Sibolga, Kantor BPN Kota Medan, Kantor BPN Tebingtinggi dan Kantor BPN Kabupaten Deliserdang.

Terkait persoalan lahan yang terjadi di Sumut, Sofyan menegaskan, pemerintah sangat serius untuk menuntaskan sengketa tanah. “Bapak Joko Widodo ingin memberikan kepastian hukum pada pemilik tanah, tahun 2017 program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) selesaikan lima juta sertifikat, dan target tahun 2025 seluruh tanah masyarakat sudah terdaftar,” ungkapnya.

Usai berkeliling melihat kondisi ke seluruhan ruangan kantor, Menteri Sofyan A Djalil dan Wagub Musa Rajekshah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid di lingkungan Kanwil BPN Sumut.

Sementara itu, Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono menjelaskan, pembangunan kantor berasal dari dana alokasi dari Kementerian ATR/BPN sebesar Rp 15 miliar dan dalam proses lelang pengerjaan kantor ditentukan biaya pembangunan hanya mencapai Rp 14 miliar.

Pada acara peresmian tersebut, juga berhadir Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kepala Kantor Wilayah BPN Sumut Bambang Priono, Kepala OJK regional V Sumbagut Yusup Ansori, Direktur PTPN II M Abdul Gani. **