Dharma Wanita Berperan Memajukan Keluarga dan Kaum Perempuan

MEDAN – Dharma Wanita dinilai mampu berkontribusi untuk memajukan keluarga dan kaum perempuan. Sehingga diharapkan dapat ikut membangun bangsa dan negara secara menyeluruh. Hal itu tertulis dalam kata sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Sekretaris Daerah Provsu, Dr Ir Hj R. Sabrina MSi pada peringatan Hari Ulang Tahun ke- 19 Dharma Wanita Persatuan Provsu tahun 2018, Selasa (11/12) di Aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Jalan Dipenegoro Medan.

Dalam kesempatan itu, Sabrina mengatakan untuk kali ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provsu dipegang oleh salah seorang istri dari Staf Ahli Gubernur, padahal biasanya dipegang oleh istri Sekda Provsu.

“Berhubung Sekdanya saya, perempuan, jadi tidak mungkin suami saya jadi Dharma Pria. Makanya untuk kali ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provsu dipimpin oleh salah satu istri staf ahli,”ujar Sabrina sambil bercanda.

Meski begitu, Sabrina mengatakan peran suami maupun istri dalam kegiatan ataupun kinerja para ASN memiliki tanggungjawab dan peran masing-masing untuk mendampingi dan memberi masukan kepada pasangan yang ASN. Maka untuk peringatan HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan Provsu, sudah sepatutnya melakukan refleksi atau introspeksi diri apa yang sudah dilakukan selama ini.

“Paling tidak sejak tahun lalu hingga tahun ini sesuai dengan peran, tugas dan pengabdian Dharma Wanita Persatuan Provsu, baik kepada seluruh anggota atau jajaran keluarga besar Dharma Wanita Persatuan itu sendiri maupun terhadap masyarakat luas,”paparnya.

BACA JUGA  Sabrina : Penggunaan Gawai Secara Berlebihan Dapat Lemahkan Ketahanan Keluarga

Melalui evaluasi dan refleksi tambahnya, diharapkan nantinya akan muncul semangat dan tekad yang baru untuk melakukan perbaikan serta untuk meningkatkan hal-hal yang dirasa belum maksimal dilaksanakan menuju hasil yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, sebagai organisasi yang tentu dibentuk dengan tujuan dan sasaran yang baik, benar-benar dapat mewujudkan peran, tugas dan pegabdiannya sehigga kehadiran Dharma Wanita Persatuan Provsu akan membawa manfaat yang nyata baik bagi masyarakat bagi bangsa dan negara.

Terkait hal tersebut, berbagai potensi yang ada pada Dharma Wanita Persatuan Provsu hendaknya dikembangkan dan dioptimalkan untuk eksistensi Dharma Wanita Persatuan Provsu, pribadi para anggota juga keluarganya.

“Kita semua tahu, ibu-ibu sudah memainkan perannya dengan sangat baik, untuk itu terima kasih telah menjadi ibu yang baik bagi anak-anak di rumah, dan terima kasih juga telah menjadi istri yang mendukung dan memberi dorongan positif kepada suami. Begitu juga peran suami yang memiliki istrinya sebagai ASN,”jelasnya.

Sementara Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provsu, Ny Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah mengatakan, peranan pengurus Dharma Wanita Persatuan Provsu sebagai mitra strategis pemertintah dalam pelaksanaan program-programnya sangat diperlukan dan dibutuhkan kepiawaiannya. Terutama dalam menjalankan tugas-tugas mengembangkan SDM keluarga Dharma Wanita Persatuan dan menjalin kerja sama dengan organisasi wanita lain.

Oleh sebab itu, untuk terlaksananya pembangunan nasional khususnya di Sumut harus mampu berkiprah dalam mengisi pembangunan melalui program kerja, baik peningkatan kualitas SDM, menumbuh kembangkan kreativitas atau keterampilan maupun kegiatan sosial sehingga tidak hanya sekadar sebagai pengguna hasil pembangunan nasional saja, akan tetapi ikut berperan dalam segala aspek untuk menyukseskan pembangunan nasional tersebut.

BACA JUGA  Serahkan Penghargaan Produktivitas Terbaik 2019, Wagub Ingatkan Perusahaan dan UKM Jaga Lingkungan dan Keselamatan Kerja

Hadir pada HUT tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Drs H Musa Rajekshah SH. MH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provsu, Staf Ahli Gubsu, para Asisten Setdaprovsu serta sejumlah organisasi wanita dan para Ketua Dharma Wanita se Kabupaten/Kota.(*)