SIBOLANGIT – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) bersama dinas yang membidangi industri dan perdagangan di kabupaten/kota se-Sumatera Utara, serta Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2018, di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, 14 – 16 Maret 2018. Raker diharapkan dapat mensukseskan program kerja Disperindag Sumut demi peningkatan ekonomi masyarakat Sumatera Utara.

Raker yang dihadiri perwakilan dari dinas seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang menangani bidang perindustrian dan perdagangan, serta perwakilan OPD di lingkup pemerintah provinsi Sumatera Utara itu dibuka secara resmi oleh Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt Sekdaprovsu) Ir Ibnu S Hutomo MM, Rabu (14/3).

Plt Sekdaprovsu dalam sambutannya mengharapkan, melalui Raker ini dapat terhimpun aspirasi dan masukan-masukan dari para pemangku kepentingan sektor perindustrian dan sektor perdagangan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2019.

“Selain itu, melalui pembahasan lintas sektoral yang teknokratis, partisipastif dan masukan yang berasal dari bawah (bottom up), aspirasi dan masukan serta saran dari para pemangku kepentingan dapat diperoleh rumusan dalam rancangan awal rencana kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 mendatang,” kata Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo, yang didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Sumut Ir H Alwin MSi, serta Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Ir H Irman MSi.

BACA JUGA  Stok Bahan Pokok Cukup Hingga Bulan Maret 2019

Raker tersebut juga diisi penyampaian materi oleh sejumlah nara sumber. Diantaranya, pada hari kedua, Kamis (15/3), materi diberikan oleh perwakilan Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Perindustrian RI, Sekretaris Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian RI Ir Eddy Siswanto MAM. Juga pemaparan materi dari Ir Johni Martha MBA, selaku Kepala Bagian Kerjasama dan Bantuan Luar Negeri Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan RI.

Dalam kesempatan ini, Kadis Perindag Sumut Ir H Alwin menyampaikan materi mengenai program kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2019. Turut pula menjadi narasumber dalam Raker ini yakni Dr Iskandar Muda SE Msi Ak CA dari pihak akademisi. Ir Hasmirizal Lubis MSi PhD selaku Kabid Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provsu. Serta Kepala Bidang dan UPT di lingkup Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara.

Raker juga diisi dengan penandatanganan Berita Acara Forum OPD yang dilakukan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara serta beberapa perwakilan peserta Raker. Berita Acara Forum OPD itu berisi kesepakatan terkait Program Prioritas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, yakni Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Berkelanjutan melalui Pengembangan Pertanian, Industri Pengolahan, Pariwisata, Jasa dan Perdagangan.

Dimana salah satu poin penting dalam program kerja tahun 2019 adalah strategi pengembangan industri unggulan Sumatera Utara sebagaimana yang telah tercantum dalam Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Sumatera Utara 2018 – 2038.

BACA JUGA  Stok Bahan Pokok Cukup Hingga Bulan Maret 2019