MEDAN – Gubernur Sumut Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menegaskan bahwa pasca peralihan kewenangan SMA-SMK dari Kabupaten ke Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) pengelolaannya harus lebih baik lagi. Oleh karenanya para siswa harus siap dengan perubahan positif yang diterapkan Pemprovsu melalui Dinas Pendidikan.

“UU No. 23 Tahun 2014 mengamanatkan kewenangan pengelolaan SMA sederajat kepada pemerintah provinsi. Ini berlaku tidak hanya di Sumut tetapi seluruh Indonesia. Oleh karenanya para siswa harus siap dengan terobosan-terobosan yang kita lakukan,” ujar Gubsu saat mengunjungi SMKN 1 Lumut, Tapteng Jumat (24/08/2017).

Dikatakan Gubsu perubahan positif ini harus diikuti para siswa diantaranya penerapan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) serta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

“Sebelum kewenangan ke Pemprovsu sekolah yang melaksanakan UNBK hanya sekitar 90 Sekolah. Allhamdulillah kini jumlahnya sekitar 1500an sekolah yang melaksanakan UNBK. Oleh karenanya giatlah belajar, karena dengan UNBK siswa tidak bisa lagi menyontek saat ujian,” pesan Gubsu.

Lebih lanjut Gubsu mengingatkan bahwa suatu daerah akan maju jika Sumber Daya Manusia (SDM)nya maju. Oleh karena para siswa harus giat belajar agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang handal.

Selain mensosialisasikan tentang kewenangan pengelolaan SMA-SMK, Gubsu juga berkesempatan memberikan bantuan 10 unit komputer kepada SMKN 1 Lumut, pembangunan ruang praktek siswa, pemberian benih ikan, pemberian kursus perbengkelan, kursus perbengkelan las dan kursus komputer secara gratis.

Dalam kesempatan itu Gubsu juga memberikan hadiah berupa uang saku kepada para siswa kelas XII yang juara satu serta kepada siswa yang mampu menjawab kuis yang diberikannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua TP PKK Provsu Evi Diana br Sitorus, Rektor UMSU Agussani, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumut Basir Hasibuan, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Sibolga-Tapteng Rustam Efendi Hasibuan, Kepala Sekolah se Tapteng dan Sibolga, dan ribuan siswa dari SMKN 1 Lumut, SMA 1 Sibabangun, dan SMAN 1 Pinang Sori.

Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul berharap ditangan Pemprovsu kualitas pendidikan SMA sederajat di Tapteng akan semakin baik.

“Hari ini bapak Gubernur bersilaturahmi di SMKN 1 ini. Semoga kedepan pendidikan kita semakin maju. Mari kita doakan beliau bisa kembali membangun Sumut ini khususnya di Tapteng,” ujarnya.

Sementara itu Kepala UPTD Sibolga-Tapteng Rustam Efendi Hasibuan mengatakan jumlah sekolah SMA-SMK di Tapteng dan Sibolga mencapai 56 sekolah dengan jumlah siswa 21.816 orang. Sedangkan guru berjumlah 2034 orang.

“Untuk PPDB online pada tahun 2017 ini jumlah siswanya berjumlah 5690 orang dengan PPDB tahap pertama 5294 orang dan tahap kedua 396 orang,” pungkasnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.