MEDAN – Untuk lebih memotivasi kecamatan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemprov Sumut memberikan penghargaan kepada kecamatan yang sudah menerapkamn Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menyerahkan penghargaan Juara Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 kategori kota kepada enam kecamatan, Rabu (27/12) di lapangan Merdeka Medan. Tengku Erry menyerahkan Tunggul kepada juara kecamatan terbaik (juara I) yang diterima camat Medan Selayan Sutan Lubis didampingi oleh Walikota Neda Dzulmi Eldin.

“ Ini kami lakukan dalam rangka mengoptimalkan peran kecamatan dalam pelayanan publik, kami beruapaya mendorong walikota dan para Camat se Provinsi Sumatera untuk melakukan percepatan pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten),” ujar Tengku Erry.

Tahun ini Pemprov Sumut merubah penentuan pemilihan Tunggul Kecamatan Terbaik. Kini pemilihan Tunggul Kecamatan Terbaik diberikan bagi dua kategori yaitu Kabupaten dan Kota.

Untuk tahun 2017 Tunggul Kecamatan Terbaik kategori Kota penghargaan diberikan kepada 6 kota dari 8 kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan Medan Selayang Kota Medan berhasil meraih juara 1, disusul Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi. Sedangkan juara harapan satu diraih Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai, juara harapan dua Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padang Sidempuan dan juara harapan tiga Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar. Selain itu, Gubsu Tengku Erry juga memberikan penghargaan kepada Danramil 07 Medan Tuntungan dan Kapolsek Sunggal.

Adapun penilaian aspek kecamatan terbaik, dinilai dari berbagai aspek seperti penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan termasuk partisipasi masyarakat yang ada di kecamatan tersebut. “Dari aspek pemerintahan, salah satunya adalah menerapkan pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan. Agar pelayanan masyarakat menjadi lebih baik, kami ingin ini segera dilaksanakan di seluruh kota yang ada di Sumatera Utara,” ujar Gubsu Erry.

Gubsu Erry pada kesempatan itu juga mengharapkan kepada camat yang memperoleh penghargaan bisa menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di tingkat kecamatan. “Dengan penghargaan ini nantinya kecamatan-kecamatan lainnya berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” pesan Gubsu.

Selain itu Gubsu juga berharap prestasi yang didapatkan hari ini setelah melalui seleksi tingkat provinsi Sumut nantinya perolehan penghargaan yang sama dapat diraih untuk tingkat nasional. “Diharapkan di level nasional nantinya kecamatan yang memperoleh prestasi di tingkat provinsi bisa mewakili Sumut di level nasional dengan perolehan penghargaan yang sama,” sebut Gubsu Erry.

Gubernur Erry pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada camat termasuk juga Danramil serta Kapolsek yang telah memberikan salah satu bentuk dukungan konkrit terhadap pembangunan di Provinsi Sumatera Utara. “Saya memandang penting memberikan apresiasi dengan harapan momen ini menjadi pemicu peningkatan kinerja bagi Seluruh Kecamatan di masa mendatang,” harap Gubsu.

Ketua Panitia Pelaksana Kepala Biro Pemerintahan Afifi Lubis pada kesempatan tersebut pada tahun 2017 mengatakan pada tahun 2017 penentuan Juara Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara mengalami perubahan penentuan juara. Selama ini, ujarnya, untuk menentukan juara 1 antara kabupaten kota disatukan namun pada tahun 2017 ini dipisahkan. “Ini dilakukan untuk lebih memotivasi camat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka di kabupaten kota masing-masing mempunyai juara 1 2 3 Harapan 1 2 dan 3 baik di tingkat kota dan juga di tingkat kabupaten,” ujar Afifi.