MEDAN – Keberadaan organisasi menjadi hal yang penting dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat, seperti keberadaan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wanita Pujakesuma Sumut diharapkan dapat meningkatkan kualitas perempuan di Sumut. Hal itu diungkapkan Gubsu, diwakili Plt Sekda Provsu, Ibnu Sri Hutomo dalam Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Wanita Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara Priode tahun 2017-2022, di Bina Graha Provsu, Sabtu (28/10).

“Pemprovsu mengapresiasi DPW Pujakesuma karena telah melantik anak kepengurusan DPW Wanita Pujakesuma Sumut. Semoga pelantikan ini dapat mendorong warga Jawa yang ada di Sumut. Sebab hingga saat ini jumlah warga Jawa cukup banyak dan terdapat hampir 5 juta jiwa warga Jawa di Sumut,” ujar Ibnu.

Turut hadir Ketua DPP Pujakesuma, Suratman SP, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi DPW Wanita Pujakesuma Provsu, Evi Diana Erry Nuradi, Majelis Pertimbangan Organisasi DPP Pujakesuma, Ketua DPW Wanita Pujakesuma Provsu dan pengurus, Pimpinan SKPD di jajaran Pemprovsu, Ketua Organisasi Wanita Provsu dan pengurus, Ketua Organisasi Etnis Jawa di Sumut, serta Ketua DPD Wanita Pujakesuma kabupaten/kota di Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Ibnu, diharapkan warga Jawa di Sumut dapat rukun dan bersatu, sehingga dapat membangun kehidupan warga Jawa lebih baik kedepannya, apalagi di Sumut domisili warga Jawa masih banyak yang tinggal di daerah pinggiran, untuk itulah diharapkan dengan kerukunan warga Jawa Sumut bisa lebih paten.

“Besarkanlah kepengurusan ini dengan melakukan kegiatan yang banyak memberdayakan wanita yang ada di Sumut. Apalagi, kami Pemprovsu akan memberikan dukungan baik dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta SKPD lainnya seperti Dinas Perkebunan Sumut untuk membangun wanita di Sumut. Sebab apapun namanya wanita di Sumut masih banyak yang bekerja di sector perkebunan dengan begitu kita harapkan Sumut kita dapat lebih baik lagi,”papar Ibnu.

Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi DPW Wanita Pujakesuma Provsu, Evi Diana Erry Nuradi, mengatakan kegiatan ini tentunya mempunyai arti tersendiri bagi dewan pengurus wilayah Wanita Pujaksemua Sumut, apalagi DPW Wanita Pujakesuma merupakan paguyuban dari keluarga Pujakesuma.

Dikatakan Evi, organisasi Pujakesuma sudah berdiri sejak lama dan bukan dan bukan organiasi yang baru dilahirkan maka sudah sewajarnya harus saling menjaga keutuhan dan keakraban.

“Sebagai Majelis Pertimbangan Organisasi saya menyambut baik pelantikan ini, sehingga program AD ART sudah terlaksana dengan baik. Saya apresiasi dengan pengurus yang dilantik, semoga ke depan DPW Wanita Pujakesuma Sumut bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Evi.

Selain itu kata Evi, di Provinsi Sumut cukup banyak organisasi wanita dan salah satunya adalah DPW Wanita Pujakesuma Sumut. Untuk itu diharapkan organisasi ini bisa bersinergi dalam rangka pemberdayan perempuan dini untuk mengejar ketertinggalan perempuan dalam hal pendidikan dan keterampilan di daerah.

“Inilah tugas DPW Wanita Pujakesuma Sumut untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perempuan Jawa,” terang Evi.

Sementara itu, Ketua DPW Wanita Pujakesuma Provsu yang baru dilantik, Khairiyah Sujono mengatakan organisasi DPW Wanita Pujakesuma Provsu merupakan paguyuban keluarga besar Pujakesuma dan organisasi yang bersifat social dan budaya serta kemasyarakatan dengan motto rukun, raket, regeng dan rumekso dan motto ini sudah tidak asing bagi masyarakat Jawa di sumut.

Dalam kesempatan itu, Khairiyah juga mengharapkan kerjsama dan bimbingan dari berbagai pihak agar pihaknya dapat lebih membesarkan wanita Pujakesuma khususnya di sumut, serta dukungan dari pihak pemerintah agar bisa bersinergi dalam hal program kegiatan sehingga tujuan untuk meningkatkan taraf hidup perempuan Jawa dapat tercapai.

“Saya harapkan seluruh pengurus dapat saling mendukung dan saling bekerjasama demi tercapainya tujuan organisasi sesuai dengan Tema pelantikan DPW wanita Pujakesuma yakni selalu bersama dalam mengembangkan social budaya dan masyarakat,” ujar Khairiyah.