Dukung Program ASI Eksklusif, Pemprovsu Serahkan Bantuan Sarpras ASI untuk Pelabuhan Bandar Deli Belawan
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi didampingi Wakil Ketua PKK Provsu Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana Asi di Ruang VIP Keberangkatan Terimal Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Rabu (13/2/2019). Kegiatan ini dalam rangka memenuhi hak anak atas kesejahteraan. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

BELAWAN – Mendukung program Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif dan mempercepat pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana (Sarpras) ASI untuk Pelabuhan Bandar Deli Belawan.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi didampingi Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah dan Kadis PPPA Nurlela diterima langsung oleh General Manager (GM) Pelindo I Belawan Yarham Harid, di Ruang VIP Terminal Keberangkatan Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Jalan Pelabuhan Lama Medan Belawan, Rabu (13/2).

Adapun bantuan sarpras yang diserahkan yakni masing-masing 1 set Air Conditioner (AC), meja, kursi menyusui, meja ganti popok bayi, lemari pendingin ASI, sterilizer botol ASI, dan plang nama ruang ASI. “Semoga bantuan ini bermanfaat khususnya bagi kaum ibu yang sedang melakukan perjalanan. Sambil menunggu waktu keberangkatan, kaum ibu dapat memanfaatkan ruang ASI yang tersedia di pelabuhan,” ujar Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi saat menyerahkan bantuan.

Nawal menyampaikan, berbagai masalah serius terkait kesehatan anak, khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan ASI bagi anak usia 0 – 23 bulan dan akses kesehatan anak belum diselenggarakan dengan benar-benar baik. Untuk itu, Nawal berharap tersedianya ruang ASI di tempat-tempat publik akan membuat anak-anak di Sumut memiliki kehiduan yang berkualitas untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

BACA JUGA  Gubsu Lantik Bupati-Wabup Palas, Pesan Kerja Keras dan Jaga Netralitas

Sementara itu, Kadis PPPA Provsu Nurlela menyampaikan bahwa pemberian bantuan sarpras ini juga merupakan program dari Kementerian PPPA RI. Sebelumnya, Dinas PPPA pun telah menyerahkan dua set perangkat laktasi di terminal bus Kabanjahe dan pasar tradisional petisah.

“Desember tahun lalu, kita memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kemenpppa RI katagori utama yakni penghargaan yang diberikan atas keberhasilan Pemprovsu melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kinerja, termasuk salah satunya penyerahan bantuan sarpras ini,” ucap Nurlela.

GM Pelindo I Belawan Yarham Harid mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu yang telah memilih Pelabuhan Bandar Deli Belawan untuk menerima bantuan sarpras ASI. Menurutnya, hal ini tentunya akan menambah rasa nyaman bagi penumpang kaum ibu yang hendak bepergian.

“Selama ini kita memang punya ruang khusus menyusui, dengan sarpras yang diberikan Pemprovsu ini selain menambah kenyamanan juga mendukung dan melindungi hak-hak kaum ibu dan anak di ruang publik,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat dan karyawan pelindo I belawan, Kadis Perhubungan Provsu yang diwakili Kabid Pelayaran Rohani, rombongan TP PKK Provsu, dan staf kadis PPPA Provsu. **