Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah pada rapat koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang di Ruang Rapat Kantor Gubernur Lantai 10, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (17/6).

MEDAN – Komunikasi dan kerja sama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sangat penting dalam membangun daerah. Begitu juga untuk membangun Sumatera Utara yang Bermartabat, harus dibenani dahulu unsur Forkopimda-nya.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ketika mengadakan rapat koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang di Ruang Rapat Kantor Gubernur Lantai 10, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (17/6).

“Saat ini kita benahi Forkopimda terlebih dahulu, agar bisa seiya sekata untuk membangun Sumut. Karena saya tak bisa bekerja sendiri tanpa mereka, semuanya harus satu visi untuk mewujudkan Sumut Bermartabat,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Untuk itu, nantinya Gubernur akan kembali melakukan rapat dengan mengikutsertakan Walikota Medan. “Saya ingin jumpakan Walikota Medan dengan Bupati Deliserdang agar mencocokkan soal perbatasan, sehingga kita bisa hitung dana yang dibutuhkan untuk membangun Deliserdang,” tambahnya.

Rencananya, kata Gubernur, nantinya di Deliserdang akan dibangun stadion dengan luas 300 Ha, Islamic Centre hingga taman yang menyerupai Singapore Botanic Garden. “Sumut ini milik kita, banyak jalan yang harus diperbaiki, banyak pembangunan yang harus kita perhatikan, ada pertanian, yang harus diwujudkan di sana. Bantu kami ingin merubah Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menyampaikan keinginannya untuk mewujudkan Sumut Bermartabat dengan membangun Deliserdang. “Saya yakin Deliserdang akan sangat berperan untuk mewujudkan Sumut Bermartabat, secara geografis Deliserdang mengelilingi Kota Medan dan berbatasan langsung dengan kabupaten-kabupaten besar, apalagi keberadaan Bandar Udara Internasional Kualanamu berada di kabupaten kami,” terang Ashari.

BACA JUGA  Untuk Korban Erupsi Gunung Sibanung, Pembangunan 892 Rumah Huntap Relokasi Tahap III Dimulai

Ashari juga berharap agar nantinya setelah serah terima tanah eks HGU PTPN II kepada Pemprov Sumut, Kabupaten Deliserdang bisa mendapat alokasi lahan untuk pembangunan. “Kami berharap agar tanah eks HGU bisa tersalurkan dengan tepat agar bisa dialokasikan untuk meningkatkan pembangunan, seperti membangun kantor camat, puskesmas, rumah ibadah pasar, rumah sakit dan pemakaman umum,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa 2020 akan dibuka jalan dari Namorambe menuju Sembahe. “Lewat kesempatan ini, saya juga sampaikan pada bapak Gubernur agar bisa merealisasikan pembangunan ruas jalan baru Namorambe ke Sembahe, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan warga untuk jalan alternatif,” tambahnya.

Senada dengan Bupati Ashari Tambunan, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengatakan siap mendukung mewujudkan pembangunan Deliserdang. “Semoga harapan Pak Bupati lewat Ridho Allah bisa terealisasi, tapi tidak bisa dinafikan ego sektoral pimpinan daerah pasti ada, untuk itu harus sering dibuat pertemuan seperti ini, biar ego melebur menjadi satu kesatuan membangun Sumut. Apalagi Pak Gubernur punya mimpi besar, tapi kalau pemimpin daerahnya tidak bisa bersinergi ya jadi hanya sebatas mimpi,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut turut berhadir Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut Bambang Priono, Kepala Dinas Bina Marga Efendi Pohan dan jajaran OPD Deliserdang.**