Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan Orasi Ilmiah berjudul "Great Leader" dalam rangka Peringatan Dies Natalis ke 57 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU) yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa USU, Medan, Selasa (6/11/2018).

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memotivasi mahasiswa untuk senantiasa bekerja keras dan harus lebih sukses dari generasi-generasi terdahulu. Hal ini disampaikannya saat melakukan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-57 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU), di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (6/11).

“Saat ini, ada banyak sekali kemudahan yang bisa kalian nikmati dibandingkan kami-kami ini. Kalian manfaatkan itu, kemajuan teknologi itu semaksimal mungkin. Untuk menimba ilmu dan meningkatkan kualitas diri. Kalian harus bisa lebih sukses dari kami,” ujar Edy Rahmayadi dihadapan ratusan mahasiswa dan civitas akademik USU.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “The Great Leader”, Edy menyampaikan, bahwa setiap manusia memiliki kekuatan besar dalam diri masing-masing untuk mencapai kesuksesan. Kekuatan ini, kata Edy, ada pada kedua tangan. Yakni kedua tangan yang terangkat untuk berdoa kepada Allah.

“Kadang manusia ini lupa dengan kekuatan kedua tangannya untuk berdoa. Segala masalah yang ada dalam hidup ini bisa kita lewati, segala impian dan keinginan kita, bisa kita capai, saat kita meminta kepada Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Kepada para mahasiswa kedokteran gigi, Edy berpesan untuk tidak hanya giat belajar dan berinovasi, tetapi juga memupuk jiwa melayani di tengah masyarakat. Dikatakannya, saat ini kehadiran dokter gigi masih lebih banyak di perkotaan dan minim kehadirannya di daerah pedesaan.

“Begitupun kepada para dosen, Bapak dan Ibu harus bijak dalam membimbing dan menuntun anak-anak kita ini, bukan saja menjadi manusia yang sukses tetapi juga berbudi pekerti luhur,” tutur Edy.

Edy kemudian bergurau bahwa dulunya ia tidak lulus saat mengikuti seleksi masuk USU. Namun demikian, dirinya bisa berhasil menjadi Gubernur. Untuk itu, kata Edy, mahasiswa USU harus lebih hebat dari dirinya.

Sementara itu, Wakil Rektor II USU Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar M Ked mewakili Rektor USU Prof Dr Runtung SH MHum setuju dengan pernyataan Gubernur Edy Rahmayadi terkait tidak meratanya kehadiran dokter gigi di daerah.

“Semoga di usia FKG yang menginjak 57 tahun ini, semakin banyak program dan aksi pengabdian bagi masyarakat. Khususnya edukasi perawatan gigi sejak dini di seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Muhammad Fidel juga menyampaikan harapannya agar FKG USU bisa mensejajarkan diri dengan FKG di universitas terkemuka lainnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Prof Dr Ir Rosmayati MS, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Panusunan Pasaribu, Dekan FKG USU Dr Trelia Boel drg Mkes SpRKG, mahasiswa FKG dan jajaran civitas akademik USU.**