Event Festival Indonesia yang dilaksanakan oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Moskow pada tanggal 4-6 Augustus 2017.

MOSKOW – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara turut serta dalam Event Festival Indonesia yang dilaksanakan oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Moskow pada tanggal 4-6 Augustus 2017.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melihat peluang tersebut dan melihat event ini sebagai pintu masuk bagi Sumut untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata serta komoditi yang dapat membuka peluang ekspor ke Rusia.

“Festival Ini selain untuk mengenalkan potensi pariwisata Indonesia juga membuka peluang bisnis bagi kedua belah pihak,” ucap Gubsu T Erry Nuradi yang disampaikan Karo Humas dan Keprotokolan Pemprovsu Ilyas Sitorus, Sabtu (5/8/2017).

Untuk event ini, Sumut mengirimkan tim kesenian yang tampil memukau dan mendapat perhatian yang sangat baik dari masyarakat di Rusia. Baik pada saat tampil di panggung utama maupun saat tampil di sekitar stand yang mana pengunjung dapat menari bersama.

Selain itu stand Sumut juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk memakai pakaian tradisional dari berbagai etnis, hal ini mendapat respon yang sangat luar biasa, sehinga mereka bersedia antri untuk dapat menggunakannya dan berfoto degan pakaian tersebut.

Selain itu di stand sumut disiapkan berbagai bahan promosi pariwisata Sumut dan paket wisata. Untuk mampu memberikan penjelasan yang akurat bagin pengunjung tentang pariwisata Sumut dan bagaimana mereka dapat menuju ke Sumut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, membawa satu travel agent, hal ini sangat membantu dalam hal informasi harga bagi masyarakat Rusia. Terbukti dengan banyak peminat warga Rusia yang menyerbu brosur pariwisata Sumut. Tim kreatif Sumatera Utara juga menampilkan produk industri dan kerajinan Sumut. Ini juga banyak mendapat perhatian masyarakat Rusia.

Selain Sumut dan Kabupaten Samosir, kota Medan, provinsi yang turut serta antara lain, Aceh, DKI Jakarta, Jawabarat, provinsi Sulawasi Tengah dan lainnya. Kementrian pariwisata sebagai salah satu sponsor kegiatan ini berkepentingan dalam hal Branding Wonderful Indonesia, sehingga Indonesia makin dikenal dunia. Untuk diketahui, tim kesenian Sumut diberi kesempatan tampil dua kali di hari yang berbeda, sehingga masyarakat Moskow lebih mengenalnya. (Humas)