MEDAN – Fraksi Partai Amanat Nasioal (FPAN) DPRD Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang keberhasilan pembangunan Sumut selama kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi. Selain untuk menghargai peran dan jasa Gubsu Erry Nuradi membangun Sumut, FGD tersebut diharapkan juga dapat mendorong sistem pembangunan yang berkelanjutan.

“Selama ini yang terungkap ke masyarakat masih sedikit, padahal sangat banyak keberhasilan pembangunan Sumut yang luar biasa selama kepemimpian Pak Gubsu Erry Nuradi, yang belum diketahui publik. FGD ini nantinya diharapkan dapat menegaskan hal itu,” ungkap Ketua Fraksi PAN Aripay Tambunan ketika beraudiensi kepada Gubsu Erry Nuradi di ruang kerja Gubsu, Senin (19/3).

Ketika itu, Aripay Tambunan didampingi Sekretaris Fraksi PAN Muslim Simbolon dan anggota fraksi Iskandar Sakty Batubara. Sedangkan Gubsu didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ir H Irman MSi.

Aripay Tambunan menjelaskan, FGD yang rencananya akan ditayangkan di TVRI itu dibagi dalam empat sesi. Masing-masing sesi akan membahas keberhasilan pembangunan di Sumut, termasuk keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi, infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Hal senada disampaikan Muslim Simbolon. Menurutnya, selain untuk mengungkap keberhasilan pembangunan di Sumut, FGD tersebut juga diharapkan dapat mendorong sistem pembangunan yang berkelanjutan. “Pasalnya selama ini, keberhasilan pemimpin terdahulu banyak yang tidak berlanjut ke pemimpin berikutnya. Bahkan terjadi degradasi,” ujarnya.

Gubsu Erry menyambut positif rencana pelaksanaan FGD tersebut. Diakuinya banyak keberhasilan pembangunan Sumut dua tahun terakhir, yang perlu dilanjutkan. “Diantaranya, kita berhasil meraih WTP untuk pertama kalinya. Memang masih ada kekurangan disana-sini, namun ini membuktikan bahwa pengelolaan keuangan kita sudah benar,” ujar Gubsu.

Kemudian, kata Gubsu, di bidang pertanian, saat ini Sumut berhasil memproduksi padi paling banyak dari yang pernah dicapai selama ini. Angka sementara dari BPS menunjukkan produksi padi mencapai 5.09 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) meningkat dari 2016.

Selain itu, di bidang infrastruktur. Sumut kata Gubsu, saat ini sudah berhasil membangun jalan provinsi hingga kondisi 84 persen mantap. “Sampai saat ini jalan provinsi yang kondisinya mantap sudah mencapai 84 persen, diharapkan tahun 2018 kondisi jalan provinsi yang mantap bisa mencapai 88%. Jadi gubernur yang akan datang, tinggal menyelesaikan yang 12 persen lagi,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga berhasil untuk pertama kalinya meraih Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI. “Baru pertama kali kita dapat hijau. Selama ini tidak pernah,” kata Gubsu. Audiensi yang berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan itu diakhiri dengan foto bersama.