Gali Potensi Desa untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

MEDAN – Berbagai potensi yang ada di desa perlu digali dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Seperti potensi alam, pertanian, peternakan, perikanan, kuliner, kerajinan tangan dan lainnya.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Setdaprovsu Zonny Waldi mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi ketika menerima audensi rombongan Surat Kabar Garuda Pos di Ruang Rapat Kumala Pontas Lt VIII, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (7/12).

“Sumatera Utara memiliki banyak potensi, termasuk di desa-desa. Namun sayang belum digali secara maksimal. Ke depan, potensi-potensi yang ada di desa tersebut perlu digali dan dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Selain itu, infrastruktur juga perlu diperbaiki, terutama jalan, jembatan dan drainasenya. Sehingga akses menuju dan keluar desa lancar. Hasil panen petani dan kerajinan tangan masyarakat desa pun dapat dengan mudah dibawa ke pasar atau kota untuk dipasarkan.

Kemudian, keberadaan sekolah kejuruan berbasis informasi teknologi (IT) juga diperlukan. Dengan begitu, akan lahir tenaga-tenaga terampil, yang memiliki keahlian dan siap dipekerjakan di perusahaan yang berada di sekitar desa. Seperti yang ada di Sei Mangke dan perusahaan lain. “Jadi tidak terjadi istilah menonton di kampung sendiri,” ujarnya.

Disampaikan juga, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengapresiasi rencana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 8 Surat Kabar Garuda Pos di Nagori Perlanaan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. Namun, terkait permintaan rombongan agar Gubsu atau Wagubsu menghadiri acara tersebut, hal itu akan dilaporkan langsung kepada Gubernur. “Terkait hal itu, nanti akan kami sampaikan langsung ke Pak Gubernur,” ujar Zonny.

BACA JUGA  Gubsu Minta Pemuda Tingkatkan Kreativitas, Kecerdasan dan Kewirausahaan

Sebelumnya Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab Surat Kabar Garuda Pos Abdul Hamid BA SH mengatakan, acara ulang tahun ke 8 Surat Kabar Garuda Pos yang mengusung tema ‘Kepakkan Sayap Terbang Tinggi Menuju Media yang Berkualitas dalam Pembangunan Bangsa’ akan diadakan di Nagori Perlanaan, Kabupaten Simalungun, pada 12 Desember 2018.

“Kami sangat mengharapkan kedatangan Bapak Gubernur atau Wakil Gubernur Sumut pada acara tersebut,” ujar Abdul Hamid.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala, Wakil Pimpinan Redaksi Surat Kabar Garuda Pos Nurhayati H dan beberapa staf redaksi Surat Kabar Garuda Pos.**