Plt. Sekda Provsu Ir. Ibnu Sri Hutomo, MM bersama OPD Pemprovsu yang terkait menerima Audiensi Presiden Direktur PT. Goodyear.Tbk Allan Loi dalam rangka ingin mengetahui peluang untuk berinvestasi di Provinsi Sumut, ruang kerja Sekda Provsu Lt.IX Kantor Gubsu, Kamis (22/03/2018).

MEDAN – PT Goodyear Indonesia menjajaki potensi bisnis di Sumatera Utara (Sumut). Itu dilakukan karena Goodyear melihat besarnya potensi yang ada di daerah ini.

Hal itu terungkap ketika Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia Allan Loi beraudiensi dengan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Ibnu S Hutomo, di ruang kerjanya, lantai 9 kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Kamis (22/3).

Allan Loi mengatakan, mereka sengaja mengunjungi Sumatera Utara untuk melihat potensi bisnis yang ada di daerah ini. “Selama ini pabrik Goodyear banyak di Pulau Jawa. Kami ingin explore Sumatera Utara,” katanya.

Selain itu, menurut Allan Loi, Sumut merupakan barometer Pulau Sumatera. Potensi daerah ini juga cukup besar, terlihat dari populasi dan ekonomi sosialnya. Karena itu, PT Goodyear ingin menjajaki dan mendalami perkembangan yang akan datang di Sumatera Utara.

Menanggapi hal itu, Plt Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo menyatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi rencana PT Goodyear Indonesia mengembangkan bisnisnya di daerah ini. “Kami mengapresiasi PT Goodyear Indonesia yang berinvestasi di Sumatera Utara,” kata Plt Sekdaprovsu.

Disampaikan Plt Sekdaprovsu, penduduk Sumatera Utara sebesar 14 juta jiwa, nomor 4 terbesar provinsinya di Indonesia. “Pertumbuhan mobil dan sepeda motor cukup besar, paling laku penjualannya,” kata Ibnu.

Hal senada disampaikan Sjahrian Harahap, dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara. PT Goodyear Indonesia juga hendak mengunjungi kawasan ekonomi khusus Sei Mangkei. “Nanti ke depannya, mungkin PT Goodyear Indonesia bisa mengembangkan industrinya di Sumatera Utara. Karena kita tahu daerah ini punya kebun luas sekali. Saat ini mereka telah memiliki partner di Sumatera Utara,” kata Sjahrian Harahap.

Hadir pada audiensi itu Kabid ILMEA Disperindag Rouly TA Tambunan, Kepala Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Ernita Bangun, Area Manager Goodyear Indonesia Syafliya Pesandra, dan Sales Manager Goodyear Indonesia Eskiel Barus.