MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan perayaan Natal dirayakan tidak hanya seremonial atau sekedar membangkitkan kenangan semata. Akan tetapi perayaan Natal harus dapat mendorong dan memotivasi untuk memperbaharui jiwa dan semangat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Makna yang dalam yang perlu kita renungkan dalam perayaan Natal adalah harus dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik. Yang tidak kalah pentingnya kita harus menjaga dan memelihara seluruh ciptaan Tuhan untuk dilestarikan terutama kepada seluruh umat manusia tanpa memandang suku, bangsa dan agama harus kita sayangi seperti diri kita sendiri,” ujar Erry Nuradi saat perayaan Natal DPRD Sumut di Kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (11/12/2012) malam.

Turut hadir mendampingi Gubsu Erry, Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung dan sejumlah Pimpinan SKPD Provsu. Sedangkan dari keluarga besar DPRD Sumut hadir Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dan sejumlah keluarga besar DPRD Sumut. Selain itu tampak hadir Pdt DR Parlin Zebua MTh, tokoh masyarakat diantaranya Moses Tambunan dan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dalam kaitannya dengan tugas dan keberadaan Keluarga Besar DPRD Sumut maka perayaan Natal diharapkan mampu menggugah hati untuk bertekad untuk membersihkan jiwa, memperbaharui semangat dan kesungguhan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dari pelaksanaan Natal dengan Tema” Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juru Selamat, yaitu Kritus, Tuhan di Daud dan Sub Tema “Semoga Melalui Kelahiran Kritus Kita Sebagai Wakil Rakyat Menjadi Berkat Bagi Rakyat”, tercermin suatu kemauan dan kesungguhan keluarga besar DPRD Sumut untuk selalu berupaya meningkatkan pencerahan iman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama, khususnya terhadap makna Natal ini.

Sebagaimana kita ketahui lanjut Erry, Natal merupakan suatu peristiwa suka cita bagi umat kristiani karena Natal diimani sebagai penyelamat bagi manusia. Kelahiran Jesus sebagai juru selamat dunia bertujuan untuk membawa kedamaian, pembaharuan, mengangkat harkat dan martabat manusia melalui ilmu pengetahuan kearah yang lebih baik sehingga manusia terbebas dari belenggu kemelaratan dan penderitaan.

“Pesan Natal yang disampaikan kepada seluruh umat manusia ialah Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang pertama, dan hukum yang kedua kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri,”ujar Erry.

Oleh karena itulah Erry mengatakan kita harus senantiasa dituntut agar memiliki kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri seperti yang diimplementasikan Jesus dalam hidupnya.

Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman mengaku senang dan berbangga hati pelaksanaan Natal yang dilaksanakan oleh keluarga Besar DPRD Sumut kian mempererat tali kekeluargaan sesama Anggota DPRD Sumut.

Dikatakan Wagirin, dengan perayaan Natal bukan hanya mengenang kelahiran Jesus, tapi melalui makna Natal, Wagirin mengajak anggota DPRD kian meningkatkan kinerja sehingga menjadi berkat kepada masyarakat.

“Perayaan Natal DPRD Sumut ini adalah bagian dari kami. Artinya pimpinan, anggota dan staf DPRD Sumut menyatu. Inilah angkah kongkrit sebagai umat manusia yang sama. Oleh karenanya patut kita syukuri. Kita dilahirkan di Sumut yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Sumut ada delapan etnis dan ditambah etnis nusantara lainnya. Ini miniatur indonesia,”ujarnya.

Diterangkan Wagirin perbedaan adat istiadat, suku, budaya dan agama di Sumatera Utara tidaklah menjadi pemisah. Termasuk juga perbedaan politik jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kita sudah masuki tahun politik. Jangan sampai gara-gara Pilkada kita menjauhkan silaturahmi. Silaturahmi tidak perlu putus walaupun kita beda dan beda dukungan,” harap Wagirin.

Sementara itu Ketua Panitia Natal DPRD Sumut Ricard Pandapotan Sidabutar mengatakan perayaan Natal DPRD Sumut dibagi dalam dua tata cara perayaan yakni pertama perayaan ibadah dan kedua program aksi sosial dengan membagikan paket sembako untuk keluarga yang tidak mampu agar dapat turut bersama-sama merayakan suka cita Natal ditahun 2017.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dan berpartisipasi atas terlaksananya perayaan Natal ini termasuk Gubernur Sumut, Wakil Gubernur, Ketua dan angggota DPRD Sumut,” tuturnya.(***)