Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menghadiri kegiatan Malam Ta'aruf yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) XXVII 2018 di Istana Maimun Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid Medan, Jum'at (5/10/2018). Dalam kegiatan ini sekaligus menyerahkan bantuan kemanusian untuk korban gempa Palu - Sulawesi Tengah. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Seluruh kafilah dan gubernur/wakil gubernur dari 33 Provinsi se Indonesia mengikuti Malam Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII, Jumat malam (5/10), di Istana Maimun Jalan Sultan Ma’moen Al Rasid Nomor 66 Medan.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan, malam Ta’aruf merupakan simbol persatuan dan kekompakan bangsa. Juga, momentum dan sarana bersilaturahmi yang sarat makna.

“Setelah 47 tahun, Sumut kembali menjadi tuan rumah MTQN. Mudah-mudahan, kedatangan alim ulama dan kafilah dari seluruh Indonesia, menggaungkan kalam Allah, akan membawa keberkahan dan kebaikan di Sumut,” ujar Gubernur Edy.

Gubernur Edy yang hadir bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah, para Gubernur/Wakil Gubernur serta pejabat yang hadir. “Dari halaman Istana Maimun yang bersejarah ini, perkenankan saya ucapkan selamat datang di Medan dan Sumut. Semoga memperoleh kesan dan kenangan yang baik selama berada di Sumut. Kami selaku Pemerintah Provinsi Sumut, sangat berterima kasih karena saudara-saudari sekalian telah ikut menyemarakkan MTQN XXVII,” kata Edy.

Bantuan untuk Sulteng

Dalam kesempatan itu, Edy juga mengajak seluruh hadirin untuk mengingat dan mendoakan saudara sebangsa di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sedang tertimpa musibah. Sebagai wujud persatuan dan kekompakan, pada malam ta’aruf diadakan penggalangan dana untuk korban becana Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala.

BACA JUGA  Edy Rahmayadi Tinjau Rumah Hasil Renovasi dan Bantuan Pembangunan

“Duka mereka adalah duka kita. Tangis mereka juga tangis kita. Semoga musibah ini cepat berlalu dan dapat diatasi sebaik-baiknya. Malam ini, Pemprov Sumut akan menyerahkan bantuan pertama kita berupa uang tunai, beras, sarung dan selimut. Insya Allah, semoga bermanfaat,” tutur Edy.

Didampingi Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis, Ketua Baznaz Sumut Armansyah Nasution, dan Pimpinan ACT Sumut Ronio Marantika, Gubernur Edy bersama Wagub Musa menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Karo Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemansyarakatan Setda Sulteng Arnold Firdaus. Bantuan tersebut berupa uang sebesar Rp300 juta dan 2.000 ton logistik berupa beras dan selimut.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam Kemementerian Agama Drs H Khoiruddin MM mewakili Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut, panitia MTQN, dan seluruh warga Sumut.

“Akhirnya, kita tiba pada hari puncak kesiapan Sumut sebagai tuan rumah perhelatan akbar MTQN XXVII. Semoga melalui acara MTQ ini, kesadaran kita sebagai umat Islam meningkat, begitu pula dengan kerukunan antar umat beragama,” ucapnya, membacakan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman berpesan agar umat Islam di seluruh Indonesia memuliakan AlQuran. Salah satu cara memuliakan AlQuran, yakni dengan mengamalkan isi AlQuran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, katanya, niscaya diperoleh keberkahan dan rahmat dalam menjalani kehidupan di dunia.

BACA JUGA  Bertemu Mahasiswa di Yogyakarta, Gubsu : Asrama dan Wisma Hanya untuk Mahasiswa Pemula

Malam itu, juga mewakili Menteri Agama RI, Khoiruddin menyerahkan Bendera MTQN dan Piala Presiden RI kepada Gubernur Edy dan Wagub Musa.

Malam ta’aruf dipadu dengan acara hiburan dan pelantunan ayat suci oleh AlQuran. Salah satunya oleh qori internasional asal Sumut Darwin Hasibuan. Memeriahkan acara hiburan, Gubernur Edy turut menyanyikan lagu Bimbo yang berjudul Tuhan.

Hadir pada Malam Ta’aruf tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Dr Ir Hj R Sabrina MSi, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Unsur Forkopimda, Menteri Agama RI periode 2001-2004 Prof Dr H Said Agil Husin Al Munawar MA, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Sultan Deli Ke-14 Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam, Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumut Drs H Tengku Darmansah MA, Ketua LPTQN, Ketua Dewan Pengawas, Ketua Dewan Hakim, Ketua MUI Medan, para alim ulama dan undangan lainnya.**