Gubernur Harapkan Ormas Kedaerahan Bersinergi dengan Pemprov Sumut
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersilaturahmi dengan Forum Masyarakat Dalihan Natolu (Formadana) Tabagsel di Lt.10 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (26/2/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ingin ormas kedaerahan bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Terutama dalam program pembangunan daerah menuju Sumut yang maju, aman, sejahtera dan bermartabat.

Hal itu disampaikan Gubernur ketika bertemu dengan Forum Masyarakat Dalihan Natolu Tabagsel (Formadana) di Lt.10 Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (26/2).

“Kita perlu bersinergi, menyesuaikan program-program ormas seperti Formadana dengan program Pemerintah Sumatera Utara. Ini penting, agar kita yang punya begitu banyak budaya bisa dipertahankan dan marwahnya kembali di atas. Mari kita tegakkan lagi adat-istiadat kita,” kata Gubernur.

Hal itu sejalan dengan sasaran pembangunan Pemprov Sumut saat ini, yaitu membangun desa dan menata kota. Ormas seperti Formadana yang bisa bersinergi dengan Pemprov Sumut akan membantu masyarakat desa untuk bisa lebih berkembang dan memaksimalkan potensi daerahnya.

“Daerah-daerah kita ini punya potensi yang luar biasa, tetapi mengapa masyarakat kita masih belum sejahtera. Karena itulah perlu ormas-ormas yang peduli dengan masyarakatnya bersinergi dengan pemerintah untuk mengoptimalkan potensi daerahnya. Kita perlu bekerja sama untuk yang satu ini,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Ketua Eksekutif Formadana Abdul Rahim Siregar usai audiensi dengan Gubernur mengatakan, menyambut baik masukan dan saran dari Gubernur. Dikatakannya, Formadana yang dideklarasikan 7 November 2015 ini bertujuan untuk menghimpun semua marga-marga yang ada di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

BACA JUGA  Edy Rahmayadi Hadiri Perayaan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tobasa

“Kita berharap Formadana bisa menjadi payung bagi marga-marga yang ada di Tabagsel. Saat ini seperti itu, tetapi harapannya tentu seluruh marga yang ada di Sumatera Utara. Sehingga nantinya dengan adanya Formadana ini ada kekuatan masyarakat bersama dengan raja-raja adat agar menciptakan Sumut yang lebih baik dan bermartabat,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, kata Abdul Rahim Siregar, Formadana juga akan melakukan kegiatan Horja Godang yang bertujuan untuk mempererat persatuan marga-marga di Tabagsel. “Harapannya tentu kegiatan-kegiatan seperti ini bisa bersinergi dengan Pemprov Sumut,” ujarnya, seraya mengatakan, Formanada juga mengundang Gubernur Sumut untuk bisa menghadiri kegiatan tersebut.**