Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah menepung tawari calon jemaah haji dari Majelis Qur'an Sudirman di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman No.41 Medan, Jumat (19/7).

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan para jemaah haji asal Sumut tetap menjaga kesehatan, baik sebelum berangkat ataupun selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekkah. Apalagi cuaca di sana tidak bisa ditebak dan berbeda dengan Indonesia.

Pesan tersebut disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi usai menepung tawari calon jemaah haji perempuan dari Majelis Quran Sudirman (MQS) yang akan berangkat ke Tanah Suci, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman 41, Medan, Jumat (19/7).

Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari juga menepung tawari para calon jemaah haji. Acara tepung tawar tersebut diadakan oleh Majelis Quran Sudirman (MQS) yang rutin mengadakan pengajian di Rumah Dinas Gubernur.

“Ibadah haji adalah ibadah yang banyak mengandalkan fisik. Untuk itu, jemaah haji diharapkan menjaga kesehatannya. Sehat itu adalah prioritas, tapi biasanya yang kuat itu yang emak-emak,” ujar Gubernur.

Jemaah haji, kata Gubernur, juga merupakan undangan Allah SWT. Karena itu, para jemaah diharapkan selalu berpasrah diri atas apapun yang terjadi nantinya. Gubernur pun bercerita pengalamannya yang pernah batal berangkat haji, namun diterimanya sebagai dari takdir Allah.

“Meski 10 tahun pun persiapan kita berangkat haji, kalau Allah berkehendak lain, bisa tidak berangkat kita, untuk itu kita harus pasrah apapun yang terjadi, karena bagaimana pun kita diundang oleh Allah,” ujar Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

BACA JUGA  Tabligh Akbar di Masjid Agung Medan Bersama UAS, Gubernur Ingatkan Soal Manfaat Sedekah

Kepada para jemaah, Edy Rahmayadi menceritakan rencananya membangun Asrama Haji di dekat Bandar Udara Kualanamu Deliserdang. Asrama Haji yang saat ini berada di jalan AH Nasution terlalu, menurutnya, jauh dengan Bandara Kualanamu. “Karena dulu bandara di Polonia masih dekat dari Asrama Haji yang sekarang, tapi sekarang bandara sudah di Kualanamu tapi jauh dari sini,” ungkapnya.

Asrama haji yang akan dibangun rencananya akan menggambarkan Kota Mekkah, Madinah dan Jeddah. Hal tersebut bertujuan agar para calon jemaah haji bisa merasakan kondisi yang ada di Tanah Suci sebelum berangkat. “Untuk itu, ibu ibu, doakan niat membangun tersebut agar tercapai,” kata Edy Rahmayadi yang disambut dengan amin oleh jamaah majelis.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi mendoakan agar para calon jemaah haji dapat menjalankan ibadah di Tanah Suci dengan lancar, dan kembali menjadi haji yang mabrur. “Semoga ibu-ibu sekembalinya dari Tanah Suci, menjadi haji yang mabrur,” kata Nawal.**