Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri kegiatan Colour Run Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) ke 66 di Gedung Pancasila USU Jalan Universitas Medan, Minggu (30/9/2018). Gubsu berpesan kepada para mahasiswa agar jadikan kampus itu menjadi tempat menuntut ilmu bukan menjadi tempat merusak ilmu. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memotivasi dan mengajak para mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) untuk berkontribusi dalam pembangunan Sumatera Utara (Sumut) melalui sumbangan-sumbangan pemikiran yang diperoleh selama duduk di bangku kuliah.

“Kami, pemerintah ini hanya sebagai pelaksana. Tapi referensi, riset, dan pusat pengetahuan itu ada di sini, di universitas. Untuk itu, anak-anakku mahasiswa, tuntutlah ilmu dengan benar dan sungguh-sungguh. Pergunakan ilmu itu untuk menjadi solusi permasalahan yang ada di Sumut,” ujar Edy Rahmayadi saat menghadiri acara Colour Run Dies Natalies USU ke-66 di Gedung Pancasila USU Jalan Universitas, Minggu (30/9).

Kedepan, Edy berharap agar mahasiswa-mahasiswa yang ada di tingkat akhir menyusun skripsi yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang ada di tengah masyarakat Sumut. Kemudian, skripsi tersebut akan dijadikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sebagai referensi dalam menyusun program kerja.

“Saya sedang fokus jadikan Sumut provinsi agraris. Kalau kalian punya ide-ide dan inovasi dalam pertanian, kalian tuliskan. Selain bisa menghasilkan produk-produk pertanian yang unggul, hal ini tentunya juga akan berdampak pada kesejahteraan petani-petani di Sumut,” katanya.

Kepada mahasiswa, Edy juga berpesan untuk selalu menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada daerah. Edy mengingatkan agar di masa depan para mahasiswa, khususnya yang berasal dari Sumut, bersedia kembali dan membangun daerah.

“Kalian harus bisa jadi pemimpin di daerah sendiri. Dan kalau bisa, pemimpin-pemimpin Sumut di masa depan itu yang muda-muda. Jangan seperti kami lagi, yang tua-tua ini,” canda Edy.

BACA JUGA  Edy Rahmayadi "Kepala Camat Jangan Tidur Aja" Kunjungan Kepulauan Nias

Edy berharap kegiatan jalan sehat pada Colour Run Dies Natalies USU akan terus ada. Hal ini bermanfaat untuk menumbuhkan suasana akrab dan kebersamaan antara mahasiswa, dosen, rektor dan jajaran pengurus di USU melalui kegiatan yang santai dan tidak formal. Tidak lupa, Edy juga mengajak orang yang hadir untuk mengheningkan cipta dan berdoa untuk saudara-saudara yang sedang tertimpa bencana di Palu dan Donggala.

Sementara itu, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri perayaan Dies Natalis USU. “Hari ini, kita sangat berbahagia karena mendapat kunjungan kehormatan dari Bapak Gubernur, bertatap muka langsung dengan kita dan berjalan kaki santai bersama,” tuturnya.

Runtung menyampaikan bahwa USU akan selalu siap untuk berkolaborasi dan kerja sama dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan Sumut yang lebih baik. “Kita akan segera mendata apa yang harus kita lakukan. Untuk langkah awal mungkin pembenahan lingkungan kampus dulu, benahi ruang terbuka hijau USU sehingga bisa bermanfaat tak hanya bagi civitas akademik tapi juga masyarakat,” jelas Runtung.

Colour Run dimulai pukul 07.00 pagi. Gubernur Edy, Rektor USU Runtung, dan lima ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pengajar di USU melakukan lari santai dan ringan mengelilingi USU. Tampak suasana riang dan ceria yang dirasakan oleh peserta saat ditaburi tepung warna-warni pada pos-pos di rute lari yang dilewati. Saat itu, dilakukan pula pelepasan balon dan pengguntingan pita untuk membuka acara perayaan Dies Natalis ke-66.**