MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh anggota TNI dan POLRI agar selalu kompak dan bersinergi. Hal itu dibutuhkan untuk membangun dan mewujudkan Sumut yang tertib, aman dan kondusif.

“Lihat kami Forkopimda kompak, tapi akan percuma kalau yang di lapangan tidak kompak,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri kegiatan sepeda santai dan olahraga bersama yang diadakan TNI/POLRI di Lapangan Benteng, Medan, Selasa (18/9).

Edy Rahmayadi mengatakan, untuk membangun Sumut, TNI dan POLRI memiliki tugas dan peran masing-masing. TNI memiliki tugas melakukan kompartemen strategis dalam mempertahankan NKRI. Sedangkan POLRI memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan hukum. “Jika kita satu, maka akan selesai semua masalah. Saya pernah melakukannya dulu saat menjadi Pangdam, bersama Forkopimda terdahulu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Edy juga menyanyikan lagu ‘Kembali Kita Bersama Lagi’ dari Koes Ploes. Edy mengungkapkan, lagu tersebut dinyanyikan untuk menegaskan kebersamaan. “Saya tadi buka dengan lagu kita kembali bersama-sama lagi untuk membangun Sumatera Utara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kepada anggota TNI/POLRI, Edy juga berpesan agar selalu menyampaikan kesulitannya masing-masing kepada Forkopimda. “Khususnya saya Gubernur baru, Kapolda baru, Pangdam baru, inilah kami kembali ke Sumatera Utara, selain itu lakukan yang terbaik demi bangsa, terkhusus di Sumatera Utara,” katanya.

Olahraga bersama TNI dan POLRI tersebut merupakan olahraga bersama pertama yang dilakukan Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumut. “Terima kasih banyak ini hari pertama saya olahraga bersama kita di Lapangan Benteng ini sebagai Gubernur, apresiasi untuk kalian,” katanya.

Sepeda santai, menurut Edy, merupakan kegiatan kreatif yang membuat seseorang menjadi sehat. Karena itu, Edy mengajak agar lebih sering mengadakan kegiatan serupa. “Mari kita budayakan berolahraga, diawali dengan Pangdam dan Kapolda ini, nanti mungkin Pemprov Sumut mengadakan juga,” katanya.

Pangdam I BB Mayjend TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan upaya sinergi antar TNI/POLRI. “Bersama kita lanjutkan, kita jaga, kita pelihara kekompakan. Ke depan banyak tugas yang tidak semakin mudah,” ujarnya.

Meski begitu, Sabrar mengatakan, sinergi tidak berarti mengambilalih tugas masing-masing. Sinergi menurutnya berarti mengisi ruang-ruang kosong yang perlu ditambah. “Serta mendapat dorongan, mempertebal dan tidak menghilangkan aturan dan hukumnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan TNI/POLRI bersinergi untuk bersama melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Bentuk sinergi itu sudah dicontohkan di tingkat pusat.

Kegiatan sepeda santai yang diikuti ratusan peserta dari TNI/POLRI dimulai dari Polrestabes Medan dan berakhir di Lapangan Benteng, dengan jarak tempu 4,5 km. Tidak hanya bersepeda, kegiatan tersebut juga diisi dengan senam pagi bersama di Lapangan Benteng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Danlantamal Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharudin Siagian, dan Kepala Satpol PP Provsu Anthony Siahaan.**