Aek Kanopan – Gubernur Sumatera Utara Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengajak masyarakat Labuhanbatu Utara melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), pasalnya pola hidup tak sehat menyebabkan tingkat kematian kematian tinggi. Hal itu disampaikannya pada acara Germas di Lapangan Polri Aek Kanopan Jumat (13/10).

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Labura Drs Dwi Prantara, Ketua DPRD Labura, Kadis Kesehatan Sumut, Kadis Pendidikan Sumut, Kadis Kominfo Sumut, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan, Kadis Tanaman Pangan dan Holtokultura.

Kata Gubsu perilaku hidup tak sehat menjadi ancaman kehidupan masyarakat di perkotaan, sebab pola makan dan kurangnya olahraga menyebabkan penyakit jantung, stoke dan kolestrol . “Saat ini masyarakat perkotaan khususnya banyak mengalami penyakit tak menular, untuk itu dilakukan pencegahan dengan perilaku hidup sehat,”paparnya.

Germas itu sendiri sudah dicanangkan oleh Presiden RI sejak tahun lalu, dan diikuti oleh setiap provinsi dan dilanjutkan ke kabupaten/kota. “Tahun ini Sumut mencanangkan Germas di 9 daerah yakni Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Padang Sidempuan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Nias Selatan, Langkat, Asahan,” jelas Gubsu.

Dengan adanya sosialisasi Germas kata Gubsu, prilaku hidup sehat masyarakat bisa diterapkan , “Karena lebih baik mencegah daripada mengobati,”paparnya.

Menurut Gubsu dengan prilaku hidup sehat artinya tingkat kehidupan masyarakat menjadi tinggi, dan ancaman kematian bisa berkurang. “Prilaku hidup sehat dimulai dari pola makan dan kegiatan olahraga , masyarakat bisa sehat dan terhindar dari penyakit,”ujarnya.

Sementara terpilihnya Labura menjadi tempat Germas, Wakil Bupati Labura Dwi Prantara merasa bangga dan bertekat mensosialisasikan program pemerintah yang bertujuan untuk kesehatan masyarakatnya.

“Kami akan mensosialisasi melalui puskesmas dan posyandu tentang Germas agar masyarakat Labura menjadi lebih sehat dan produktifitas kerja membangun lebih baik lagi,”ujarnya.