TANJUNG MORAWA – Gubernur Sumatera Utara Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengajak umat islam khususnya warga Sumut untuk meningkatkan keimanan sekaligus mempererat rasa kemanusian, keteladanan dan akhlaqul karimah.

Hal itu disampaikannya acara peringatan Haul Guru ke 15 Saidi Syekh H.A.D Syarief Alam, Minggu ( 3/12) di Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa. Hadir pada acara tersebut Guru Mursyid Saidi Syek H Ghazali An-Naqsyabandi, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, mewakili Pangdam I Bukit Barisan, serta 10.000 jemaah Thariqat Naqsyabandiyah.

Menurut Gubsu yang juga Ketua Panitia Peringatan Haul Guru ke 15 tersebut dengan silaturahmi ini diharapkan akan semakin erat jalinan ukhuwah Islamiyah sebagai salah satu cerminan persatuan seiman, sebangsa dan setanah air.

Selain itu kata Gubsu peringatan Haul ini mengandung makna yang dalam, dalam karena selain mengenang kembali perjuangan Almarhum Syekh HAD Syarif Alam dalam mengembangkan Thariqat dan membina masyarakat juga mendorong kita untuk melanjutkan usaha dan karya nyata yang telah beliau wariskan kepada generasi muda.

‚ÄúSebagai generasi penerus tuan guru Saidi Syekh HAD Syarif Alam sudah selayaknya dan kearifan beliau yang berjasa dan membangun pesantren. Persulukan Thariqat Nasyabandiyah Jabal Qubis ini layak kita jadikan contoh teladan bagi kita sekalian,” ujarnya.

Kepada Pengurus Pesantren Saidi Syekh H Ghazali An-Naqsyabandi diharapkan agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pesantren persulukan ini dengan lebih baik lagi pada masa mendatang.

Hal senada juga disampaikan Wakapoldasu Agus Andrianto bahwa umat islam harus lebih memperdalam keimanan melalui belajar agama dari para guru/ ulama. “Dengan belajar pada ulama diharapkan umat islam di Indonesia bisa menjalankan ajaran sesuai dengan yang diberikan Rasulullah SAW,” ujarnya.

Sementara pada laporannya panitia mengatakan haul Guru ke 15 dimulai sejak 27 November 2017 hingga puncaknya 3 Desember, dan hari pertama diikuti 1.825 jamaah. Pada hari puncak,Mingu (3/12) jumlah jamaah meningkat mencapai 10.000 orang.