MEDAN – Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi mengajak para pelaku Usaha mikro kecil menengah di Sumut memanfaatakan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing produk nya. Saat ini pemanfaatan teknologi digital   menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi pasar global dan era digital.

Hal itu disampaikan Gubsu Erry Nuradi yang dibacakan Kadis Koperasi Sumut MZ Siregar pada acara pembukaan Promosi dan Pazar Produk UMKM Provinsi  Rabu (18/10) di Gedung Pusat dan Promosi UKM Sumut.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprovsu Ilyas S Sitorus, serta kepala SKPD, pimpinan /wakil perusahaan daerah dan perbankan.

Menurutnya era digital saat ini mendorong para pelaku usaha untuk segera beradaptasi agar tetap bisa bersaing di pasar. “Digitalisasi bisnis menjadi hal yang tak terelakkan karena memiliki peran penting untuk memperluas akses pasar serta kecepatan bertransaksi dengan pembeli.”paparnya.

Saat ini jumlah koperasi dan UMKM yang ada di Sumut hingga posisi Desember 2016 adalah sebanyak 14.728 unit koperasi, 1.884.612 unit usaha mikro, 152.528 unit usaha kecil dan 40.349 unit usaha menengah. “Sektor-sektor koperasi dan usaha lain yang sedang tumbuh di Sumut  seharusnya mendapatkan dukungan oleh semua pihak baik dari segi kelembagaan, manajemen, keterampilan, sarana dan prasarana usaha permodalan koperasi dan UMKM.,” ujarnya.

Bila UMKM mendapat dukungan kelembagaan, manajemen, keterampilan, sarana dan prasarana usaha permodalan maka diyakini baik koperasi dan UMKM akan semakin maju dan dapat menjadi kekuataan baru dalam masyarakat di Sumut.

” Oleh karena itu melalui penyelenggaraan kegiatan promosi dan pasar UMKM Sumut diharapkan akan menjadi salah satu media promosi dan publilasi serta dapat memberi semangat dan motivasi bagi pelaku usaha koperasi dan UMKM di  Sumut.”jelasnya.

Sementara ketua panitia Salmen Saragih Upt Promosi Dinas Koperasi Sumut mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan mulai 18 hingga 22 Oktober 2017, dibuka mulai pukul 10.00 s/d 21.00 Wib. Bazar  menampilkan berbagai produk kerajinan mulai dari fashion, tenunan, aksesoris, produk kulit dan lainnya.