Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Bandar Udara Kualanamu Deliserdang, Sabtu (29/12/2018). Kunjungan kerja Joko Widodo kali ini dalam rangka menghadiri perayaan natal nasional yang diadakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Jalan Pancing, Medan. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

LANGKAT – Gubernur Sumateta Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, di Kampung Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sabtu (29/12).

Selain ke Babussalam, kedatangan Jokowi ke Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka kunjungan kerjanya menghadiri Perayaan Natal Nasional Tahun 2018 di Gedung Serbaguna Jalan William Iskandar/Pancing, Kabupaten Deliserdang.

Presiden Jokowi mengatakan, kedatangannya ke Ponpes Babussalam untuk bersilaturahmi, khususnya sebagai bentuk balasan atas kunjungan pimpinan dan pengasuh Ponpes Babussalam beberapa waktu lalu ke Solo.

“Tadi saya bersilaturahim dengan Tuan Guru Besilam di Babussalam ini dalam rangka membalas kunjungan beliau, karena beliau dulu saat saya masih di Solo, beliau datang, beliau rawuh di Solo. Saya membalas kedatangan beliau yang jauh dari Babussalam ke Solo,” ujar Jokowi saat diwawancara.

Jokowi juga mengatakan bahwa pengasuh ponpes Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani Tuan Guru Babussalam menyampaikan beberapa pesan. “Secara umum, beliau sampaikan agar Indonesia ini dikelola dengan kerja keras dan jangan menyia-nyiakan amanah rakyat,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga dihadiahi sebuah sorban berwarna putih oleh pengasuh Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani Tuan Guru Babussalam. Jokowi pun menyampaikan rasa terima kasihnya. “Ya ucapan terima kasih sudah jauh-jauh datang ke Solo,” kata Jokowi.

Jokowi menggunakan setelan jas berwarna biru dan sarung saat mengunjungi Ponpes Babussalam. Kedatangannya disambut pengasuh Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani Tuan Guru Babussalam beserta unsur Forkopimda Sumut dan Langkat.

BACA JUGA  Usai Kunjungan Kerja di Tobasa dan Humbahas, Kedatangan Presiden Jokowi Disambut Gubernur di KNIA

Sesaat turun dari mobilnya, Jokowi menyempatkan menyapa dan menyalami warga yang langsung bereaksi dengan berteriak histeris. Ribuan warga yang sejak pagi hari mulai berdatangan ke lokasi tersebut, juga tampak bergembira dan antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, kedatangan Presiden Jokowi ke Sumut dalam rangka kunjungan kerja. “Kita baru menyambut kedatangan Bapak Presiden di Bandara dan langsung menuju ke sini mendampingi Beliau bersilaturahmi dengan Tuan Guru Besilam. Beliau ke sini untuk kunjungan kerja, dan sempatkan untuk bersilaturahmi. Seperti ajaran Rasul SAW, menjaga dan menyambung silaturahmi itu tentu sangat penting,” ucap Gubsu Edy.

Kepada warga Sumut, Edy berharap kedatangan Bapak Jokowi disambut dengan ramah dan hangat. “Rasa bahagia kita dengan kedatangan Bapak Presiden, harus kita tunjukkan dengan sambutan yang hangat,” pesannya.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Staf Khusus Presiden Bidang Politik Ari Dwipayana, Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, dan Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Sabrar Fadhilah.

Sambut Kedatangan

Sebelumnya, kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut oleh Gubsu Edy Rahmayadi di Bandar Udara Kualanamu Deliserdang, Sabtu (29/12) pagi. Presiden tiba di Kualanamu pukul 11:57 WIB dengan pesawat kepresidenan.

Di bawah, Gubsu yang mengenakan kemeja putih menyambut presiden yang mengenakan jas biru dan sarung. Lantas, keduanya berjabat tangan. Presiden juga menyalami Forkopimda yang hadir pada saat itu. Kemudian berjalan berdampingan menuju Gedung VIP Bandara Kualanamu.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Serahkan KIP di Balige, Gubernur Edy Sampaikan SMKN 1 Balige Sudah Ikut Program Revitalisasi

Pada kesempatan tersebut, Edy didampingi oleh Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan M Sabrar Fadhilah, Danlanud Soewondo Kolonel (Pnb) Dirk Poltje Lengkey, Pangkosek Hanudnas III Medan Djohn Amarul, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Kapolda Sumut Agus Andrianto.

Selepas dari Kualanamu, Presiden dan rombongan bertolak menuju Pondok Pesantren Tuan Guru Besilam yang ada di Tanjung Pura, Langkat melaksanakan solat dzuhur dan beristirahat sejenak. Tampak Gubsu semobil dengan presiden menuju Tanjung Pura.**