Gubsu Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si buka puasa bersama keluarga besar Kejatisu (Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara) di halaman Kantor Kejatisu, Kamis ( 24/05/ 2018).

MEDAN – Buka puasa bersama di bulan Ramadhan sudah menjadi agenda tahunan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara (Sumut). Tujuannya antara lain untuk meningkatkan silaturahmi antar unsur Forkopimda.

“Pertemuan inilah yang justru membuat bulan Ramadhan ini berbeda dengan bulan-bulan lain. Karena bulan Ramadhan ini, silaturahmi itu terasa lebih dekat dan lebih meningkat,” ungkap Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menghadiri buka puasa bersama Forkopimda Sumut di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Medan, Kamis (24/5).

Dikatakan Gubsu Erry, mungkin kalau tidak bulan Ramadhan, waktu untuk bertemu Forkopimda sangat terbatas. “Tapi dengan acara ini, masing-masing unsur Forkopimda menjadi tuan rumah, sehingga mungkin bisa jadi 10 kali kita bertemu,” ujarnya.

Waktu menunggu berbuka puasa, menurut Gubsu Erry, juga dapat menjadi ajang bagi para Forkopimda untuk mendiskusikan keamanan dan kondusifitas Sumatera Utara. “Agar Sumatera Utara ini bisa menjadi provinsi yang aman dan damai,” katanya.

Selain itu, kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan secara bergiliran, juga menunjukkan hubungan antar komponen termasuk Forkopimda yang semakin dekat. “Walaupun kita di sini negeri yang berbilang kaum, dinamikanya cukup tinggi. Tapi Alhamdulillah sampai hari ini, kita lihat Forkopimda, tokoh masyarakat, alim ulama, masyarakat, wartawan dan stakeholder lainnya tetap dalam keadaan kondusif. Inilah manfaat silaturahmi di bulan Ramadhan dalam rangka safari Ramadhan,” katanya.

Sementara itu, Kajati Sumut Dr Sugeng Bambang Rukmono SH MH mengatakan, buka bersama yang diadakan secara bergiliran ini bisa merapatkan barisan antar Forkopimda. “Alhamdulillah di bulan suci ini masyarakat bisa meningkatkan silaturahmi, kalau di Forkopimda kita buka puasa bersama, sedangkan masyarakat bisa melakukan sholat tarawih untuk berinteraksi dan juga merapatkan barisan,” katanya.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketentraman di masyarakat. Selain itu dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah antar masyarakat. “Dalam acara buka bersama ini juga sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim piatu,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw, Pangkosek Hanudnas Marsma Tri Bowo Budi Santoso, Danlantamal l Belawan Laksma TNI Ali Triswanto SE MSi, Dalanud Suwondo Kolonel PNB Dirk P Lengkey, Wakajati Sumut Yudhi Sutoto SH, Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi, Plt Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Medan Prof Dr H Mohd Hatta.**