MEDAN Gubernur Sumarera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi MSi menerima Penghargaan Adhitya Karya MahatvaYodha Awards 2017 dengan Kategori Pembina Utama Terbaik Karang Taruna dari Menteri Sosial (Mensos) RI Idrus Marham pada Rakernas Karang Taruna di Bali pada tanggal 25 Januari 2018 yang lalu.

Ketua Karang Taruna Provsu H. Solahudddin Nasution menyerahkan Piagam Penghargaan tersebut kepada Gubsu saat melakukan kunjungan silaturrahmi di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Gubsu di Medan, Selasa (30/1). Selain Provsu, Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Bali juga menerima penghargaan tersebut.

Gubsu Erry Nuradi mendapat penghargaan tersebut karena dianggap memiliki kepedulian dalam pemberdayaan pemuda, khususnya karang taruna. Gubsu banyak menginisiasi dan mendukung program berupa bantuan ekonomi produktif terhadap karang taruna di desa/kelurahan, melakukan pelatihan usaha ekonomi produktif, kepemimpinan dan kewirausahaan lainnya.

Disamping itu, Gubsu juga kerap membantu dan memfasilitasi kegiatan karang taruna serta keperdulian aktif dengan selalu menghadiri kegiatan karang taruna. “Pak Erry selalu menyempatkan untuk memberi motivasi kepada para anggota karang taruna di desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota agar tetap memberdayakan dirinya untuk dapat mandiri, sejahtera dan berdaya saing,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa Karang Taruna tetap terus melaksanakan program dan kegiatan dalam hal pembinaan dan pemberdayaan pemuda dari mulai tingkat desa dan kelurahan agar nantinya para pemuda dapat mandiri dan berdaya saing. Provsu sendiri sudah mempunyai lebih dari 300.000 pengurus di desa dan kelurahan se-Sumut dan kedepannya diharapkan terus bertambah.

Pada kesempatan yang sama, usai menerima piagam penghargaan tersebut Gubsu HT Erry Nuradi memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pengurus, anggota dan kader Karang Taruna. Karena melalui Karang Taruna terciptanya pemuda yang mempunyai motivasi dan kreatif dengan terobosan-terobosan yang baru.

“Saya berharap karang taruna terus menjadi pemberdayaan masyarakat kita di pedesaan dan perkotaan. Sebenarnya banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh pemuda yang mungkin selama ini belum terlihat atau menonjol tetapi melalui karang taruna dapat terekspos kegiatan-kegiatan yang dilakukan”, ucap Erry.

Dengan ditampilkannya prestasi-prestasi yang diraih para pemuda, lanjut Gubernur, tentunya akan memberikan motivasi bagi yang lain untuk mengembangkan potensi dirinya. “Sehingga menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan untuk tingkat daerah bahkan nasional,” pungkas Erry Nuradi.

Turut hadir Kepa BPKAD H. Agus Tripriyono, Karo Humas dan Keprotokolan Ilyas S. Sitorus dan Karo Hukum H. Sulaiman serta pengurus Karang Taruna Provsu.