Gubsu Hadiri HUT 73 PGRI Tahun 2018, Guru Hari Ini Harus Lebih Baik dari Kemarin

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengharapkan agar guru-guru ke depan harus lebih baik dari hari ini. Apalagi, era revolusi industri 4.0 membutuhkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang sains dan teknologi.

“Karena itu, sangat dibutuhkan kesiapan guru yang bermutu dan berkualitas. Tenaga kependidikan tidak hanya memiliki kemampuan kognitif saja, tetapi juga harus mampu memahami dan menguasai teknologi digital,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi pada acara HUT ke 73 PGRI Tahun 2018 Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (15/12) di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Gubsu mengatakan, para guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi diri seiring dengan perkembangan teknologi yang serba cepat. Bahkan kurikulum pendidikan pun diharapkan bisa mengakomodir perkembangan teknologi yang serba cepat itu.

“Guru-guru memiliki tanggungjawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah pikiran dan olah raga. Karena kemajuan suatu bangsa salah satunya di tangan guru-guru,”sebut Edy Rahmayadi.

Untuk itu, kata Edy, perlu dukungan dan kerja keras guru-guru dalam mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia. Guru, harus manjadi sumber keteladanan bagi peserta didiknya, bukan hanya memberikan ilmu, tetapi harus dapat memberi jalan keluar dan pemberi semangat kepada peserta didik.

“Momentum ini hendaknya dijadikan sebagai refleksi apakah guru sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya,” katanya.

BACA JUGA  Gubsu Resmikan Kolam Renang Kabupaten Asahan

Selain itu, momentum tersebut juga untuk merefleksikan, sudahkah para guru dimuliakan dalam berjuang, mendidik dan membentuk karakter. Sehingga, menjadi pribadi tangguh dan berhasil. Sebab, tidak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. “Jadi apapun kita saat ini guru kita pasti ikut mewarnai, bahkan bisa jadi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kita,” ungkapnya.

Sementara, Ketua PGRI Sumut Abdul Rahman Siregar pada kesempatan tersebut mengajak para guru-guru yang terhimpun dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se Sumatera Utara untuk dapat bersama-sama mendukung program pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya dibidang pendidikan. “Mari kita bersama-sama mendukung program pembangunan pendidikan pemprovsu untuk mewujudkan pendidikan Sumatera Utara yang bermartabat,” ujar Rahman.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan anggota PGRI Se Sumatera Utara. Turut hadir Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr Arsyad Lubis beserta jajarannya.**