Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H Tengku Erry Nuradi M, Si saat memberikan bingkisan berupa buku kepada Ketua DPRD Sumut H. Wagirin Arman saat peluncuran 3 buku yang berjudul "Tengku Erry Membangun dengan Kesederhanaan, Kata Mereka dan Sumut Paten" di Ballroom Hotel Adi Mulya Jalan Diponegoro Medan (15/04). Peluncuran buku ini juga bertepaan dengan HUT ke 70 Provinsi Sumatera Utara. (Biro Humas dan Keprotokolan Provsu / Fahmi)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi meluncurkan 3 buku biografi, di Ballroom Hotel Adimulia, Medan, Minggu malam (15/4). Peluncuran buku ini menjadi istimewa, karena bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 70 Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Tiga buku tersebut adalah “Sumut Paten” dan “Kata Mereka” karya Izharry Agusjaya Moenzir, mantan wartawan Waspada. Serta buku “Membangun Dengan Kesederhanaan: Biografi Sosial, Politik, Ekonomi, Budaya dan Keagamaan” yang ditulis oleh Prof Dr Hasan Bakti Nasution MA, Dr Fuji Rahmadi P MA, Drs H Amhar Nasution MA, dan Drs Buang Agus S.

Gubsu menyampaikan, 3 buku tersebut sengaja dilaunching bertepatan dengan HUT Provsu. “Sengaja dilaunching pada hari ini, karena ini adalah hari bahagia ulang tahun Sumut ke -70. Momen ulang tahun Sumut adalah saat yang tepat untuk meluncurkan buku,” katanya.

Buku yang diluncurkan tersebut memperlihatkan biografi Tengku Erry secara lengkap. Baik perjalanan hidup pribadi maupun karir kepemimpinannya. Buku tersebut juga memuat pandangan dan kesan pribadi tokoh masyarakat, elit politik, dan birokrat nasional maupun Sumatera Utara tentang Tengku Erry Nuradi.

Mantan Sekdaprov Sumut Muhyan Tambusai mengatakan dalam sambutannya, Erry memiliki kelebihan yang sejak dulu tidak pernah memanfaatkan fasilitas sang Kakak (Alm) HT Rizal Nurdin. Menurutnya sosok “Sumut Satu” itu telah berhasil memimpin Kabupaten Sergai sebagai Bupati, punya rasa setia kawan dan amat harmonis dengan sang wakil saat itu, H Soekirman.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengatakan, ingat betul di saat evaluasi semester pertama 2015, bahwa pendapatan asli daerah kurang memuaskan. “Di perjalanan ternyata beda. Ternyata ada beberapa indikator dan nyata, terlihat pendapatan asli daerah meningkat. Beberapa sektor meningkat,” kata Wagirin.

Bupati Serdang Bedagai Soekirman juga menyambut positif peluncuran buku tersebut. Menurutnya, saat ini Sumatera Utara menjadi provinsi literasi. Namun tingkat literasi di kalangan anak muda belum memuaskan. “Dengan tahun literasi ini, 3 buku ini diharapkan bisa menambah khazanah perpustakaan literasi di Sumut. Mudah mudahan buku ini menjadi amal jariyah Tengu Erry Nuradi,” katanya.

Peluncuran buku ditandai dengan penekanan tombol oleh Tengku Erry Nuradi, didampingi Ketua TP PKK Sumut Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, dan Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjutak.

Penampilan dari penyanyi terkenal Ebiet G Ade semakin melengkapi kemeriahan peluncuran buku tersebut. Semua penonton serempak menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan oleh Ebiet G ade.

Turut hadir sejumlah bupati dan walikota se-Sumut, diantaranya Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, Bupati Tapteng Bahktiar Ahmad Sibarani, Walikota Tanjung Balai HM Syahrial SH, MH, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mantan Gubsu Syamsul Arifin, mantan Sekdaprovsu RE Nainggolan, unsur Forkopimda, dari OPD Provsu dan undangan lainnya. **