Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si menghadiri kegiatan penandatanganan naskah kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan sistem penyedia air minum regional Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai di Balai Kartini Tebing Tinggi, Senin (4/6/2018). Pada kesempatan ini juga Gubsu memberikan bantuan kepada Anak Yatim, Tokoh Agama yang ada di Kota Tebing Tinggi.

Tebing Tinggi – Upaya pengadaan air bersih harus terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Mengingat, ketersediaan air bersih penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi pada acara penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum Regional Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai, Senin (4/6) di Balai Kartini Terbing Tinggi.

Hadir pada acara tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi SIk, Sekda Tebing Tinggi H Johan Samose Harahap. Mendampingi Gubsu Erry Nuradi, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provsu Lukmanul Hakim dan Kepala Biro Otonomi Daerah Setdaprovsu Basarin Yunus Tanjung.

Gubsu Erry Nuradi mengatakan, pengadaan air merupakan langkah maju untuk mengurangi permasalahan pelayanan, efisiensi pemanfaatan SDA dan   lingkungan hidup, serta pelaksanaan program pembangunan untuk pelayanan publik. Karena itu, penting adanya penandatanganan naskah kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan Pemkab Serdang Bedagai tentang penyelenggaran sistem penyediaan air minum regional.

“Kita semua berharap akan tercipta hubungan antara Pemda untuk saling mendukung dan saling membutuhkan, koordinasi, sinkronisasi, sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat di kedua daerah ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Erry Nuradi, juga ada beberapa keuntungan yang akan  didapat oleh daerah yang bekerjasama melaksanakan fungsi pemerintah dalam bidang pembangunan dan pelayanan publik, antara lain kekuatan daerah yang bekerjasama dalam mengatasi masalah lebih besar, dibandingkan jika ditangani sendiri-sendiri. Kemajuan yang diperoleh daerah yang bekerja sama juga akan lebih cepat, dengan berbagi informasi dan pengalaman.

Walikota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan salah satu upaya pembangunan di daerahnya, yang tujuannya menfasilitasi air bersih kepada masyarakat Tebing Tinggi.

“Pengadaan air bersih tujuanya tidak hanya untuk keperluan MCK saja, juga untuk air minum. Maka kita juga berharap pengadaan air bersih juga dijaga kualitas dan kuantitasnya,  karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak,”jelasnya. **