Gubsu Resmikan Kolam Renang Kabupaten Asahan

ASAHAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan dengan diresmikannya kolam renang Kabuapten Asahan, nantinya akan membangkitkan kembali gairah dunia olahraga di Provinsi Sumatera Utara umumnya dan Kabupaten Asahan khususnya. “Khususnya pada cabang olah raga renang,” ujar Gubsu sebelum meresmikan Kolam Renang Asahan, Sabtu (12/1) di Jalan Ir Sutami kabupaten Asahan.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provsu Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang dan penandatanganan prasasti oleh Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Wakil Bupati Asahan H Surya BSc

Dikatakan Gubsu Edy bahwa melihat kolam renang dia teringat pada masa-masa dirinya sekolah dahulu bahwa atlet-atlet berprestasi cabang olah raga renang dari Provinsi Sumatera Utara. Namun saat ini dirinya tidak melihat hal tersebut.

Saya yakin dengan adanya kolam renang di kabupaten Asahan ini atlet-atlet berprestasi akan lahir dari kabupaten Asahan ini yang akan mengembalikan masa-masa gemilang provinsi Sumatera Utara seperti dahulu,” sebut Edy.

Gubsu Edy juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dengan dibangunnya kolam renang ini. Ini menunjukkan komitmen Pemkab Asahan menggairahkan kembali dunia olahraga di kabupaten ini. “Kehadiran pemerintah di tengah masyarakat ada di kabupaten Asahan ini yaitu memberi fasilitas. Pemprovsu semaksimal mungkin membantunya,” ucap Gubsu Edy seraya mengharapkan kabupaten/kota lainnya dapat mencontohnya.

BACA JUGA  Panen Padi di Simalungun, Gubernur Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian

Wakil Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan kolam renang Asahan ini dilengkapi dengan fasilitas toilet, musholla, ruang tata usaha, aula, P3K, ruang ganti dan ruang genset.

Areal ini lanjutnya merupakan pembebasan HGU PT Perkebunan Bakrie seluas 5 hektar. Dan untuk kolam renang diperuntukan 2 hektar. “Baru dibangun 1,2 hektar, sisanya sekitar 800 meter bujursangkar nantinya akan dibangun untuk kolam lompat indah dan kolam rekreasi,” ujarnya.

Kemudian Pemkab Asahan juga merencanakan akan membangun Gedung Olah Raga dilahan sekitar 3 hektar dengan anggaran kurang lebih 68 milyar rupiah. “Tahap pertama sudah dianggarkan dengan dana 10 milyar,” kata Surya. “Mudah-mudahan dengan diresmikannya oleh Bapak Gubernur Kolam Renang Asahan ini akan memotivasi masyarakat kabupaten Asahan untuk berprestasi pada olahraga renang,” sebutnya.

Peresmian tersebut juga ditandai dengan pelepasan atlet eksibisi renang nomor 50 meter gaya dada oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Selanjutnya Gubsu dan rombongan meninjau Taman Toga Rambate Rata yang dikelola TP PKK dan DWP kabupaten Asahan serta meninjau Kedai Kreasi Emak.

Turut hadir pada kesempatan itu Forkopimda Kabupaten Asahan, anggota DPRD Provsu Muchrid Nasution, para kepala OPD Provsu serta pengurus KONI dan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Asahan.