Pasangan Fa’atulo Nehe dan Yanuhati Buulolo beserta anak-anak di kediaman yang telah direnovasi di Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam usai diresmikan Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi dan Bupati Nias, Rabu (13/09).

NISEL – Yanuhati Buulolo, seorang ibu penerima bantuan bedah rumah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tak bisa menyembunyikan kebahagiannya. Kepada Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H T Erry Nuradi, ibu rumah tangga ini mengungkapkan rasa bahagia dan syukurnya.

“Kami sekeluarga bahagia sekali Pak. Gak ada balasan yang bisa kami berikan, hanya Tuhan yang bisa membalasnya,” kata Yanuhati pada Gubsu Erry Nuradi, Rabu (13/09) sore.

Gubsu Tengku Erry, dalam kunjungan kerjanya di Teluk Dalam Nias Selatan berkesempatan meresmikan penyelesaian renovasi rumah Yanuhati Buulolo yang mendapat bantuan pemprov Sumut karena termasuk dalam kategori tidak layak huni.

Yanuhati Buulolo mengatakan ia sangat senang, bukan saja karena rumah milik keluarganya sudah direnovasi namun juga karena orang nomor satu di Sumut yang langsung meresmikannya. “Selama ini tidak ada yang menawarkan bantuan, tapi sekarang ini kami sudah mendapat bantuan renovasi rumah kami, dan kami sangat bersyukur dan berterimakasih,” ujarnya.

Peresmian dilakukan Gubsu secara sederhana dengan memasang tanda plakat Kegiatan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) di dinding rumah dengan menggunakan palu. Gubsu kemudian menyerahkan kunci rumah kepada Yanuhati Buulolo sambil mengatakan harapannya agar bantuan tersebut memberi manfaat besar bagi keluarga penerima.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu Ir Ida Mariana, MSi.

“Ini adalah bagian dari Kegiatan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Pemprov Sumut. Kita sudah melakukannya sejak 2012 hingga saat ini, dan ke depan kita akan terus lakukan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Erry Nuradi.

Menurut Erry bantuan renovasi diberikan dengan beberapa syarat diantaranya lahan tidak bermasalah dan yang punya rumah bersedia rumahnya direnovasi.

Ida Mariana menjelaskan Realisasi pembangunan RLTH di kabupaten/kota se Sumut yang bersumber dari APBD Provinsi Sumut mencapai 5.342 unit sejak tahun 2012-2017. Diantaranya direnovasi 1.520 unit pada tahun 2012, 1.420 unit pada tahun 2013, 620 unit pada tahun 2014, 1.020 unit pada tahun 2015, 450 unit pada tahun 2016 dan 294 unit pada tahun 2017.

Sementara itu Bupati Nias Selatan dalam kesempatan itu mengatakan ada beberapa keluarga yang belum mampu merenovasi rumahnya sendiri.

“Dan kami sangat senang dan bersyukur ada beberapa warga kami yang rumahnya sudah diperhatikan oleh Pemprov Sumut, dan hari ini sudah terbukti salah satu rumah selesai direnovasi dan diresmikan langsung oleh Gubernur, dan masih ada beberapa lagi yang sedang dalam tahap penyelesaian,” ucap Hilarius Duha.