MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Dr Ir H T Erry Nuradi MSi mengajak peserta asal berbagai negara yang hadir pada Konvensi ke-18 Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) 2017 menjadikan Sumatera Utara seperti berada rumah sendiri.

Hal tersebut disampaikan Gubernur dalam sambutan selamat datang sekaligus jamuan makan malam dan Ramah Tamah dengan Peserta Convention Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Rabu malam (13/12) di rumah dinas Gubernur, dilanjutkan Pembukaan Jambore Pemuda Remaja Masjid se-Asean di halaman Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Pancing Medan.

Sumatera Utara lanjutnya telah lama menjadi anggota DMDI bermula saat Mantan Gubernur Sumatera Utara Almarhum Tengku Rizal Nurdin dengan Ketua Menteri Malaka Dato Ali Rustam melakukan kerjasama antara dua negara serumpun khususnya Sumatera Utara dan Malaka sekitar tahun 1998. Sehingga Almarhum Tengku Rizal Nurdin dan Dato Ali Rustam termasuk pendiri DMDI. Waktu berjalan demikian cepat Dato Ali Rustam telah menjadi senior. Dan DMDI hari ini telah berkembang di lebih 20 negara di dunia ini.

Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki penduduk terbesar keempat di Indonesia dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 14 juta jiwa. Terdiri dari 33 kabupaten/kota. Sumatera Utara juga multietnik ada suku jawa, batak, melayu, Nias termasuk suku-suku mancanegara seperti india, arab, tionghoa. “Semuanya hidup rukun di Provinsi Sumatera Utara ini,”sebut Gubsu Erry.

Gubsu juga menyampaikan rasa bahagianya karena provinsi Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah Konvensi ke-18 DMDI tahun 2017. “Mudah-mudahan selama di Sumut peserta dapat menikmati berbagai keindahan di Sumatera Utara, ujar Gubsu.

Gubsu juga menyampaikan bahwa Sumatera Utara saat ini memiliki lebih 8 airport. Salah satunya Bandar Udara Kuala Namu Internasional tempat kedatangan para peserta. Bagi puan-puan bisa mendatangi pusat perbelanjaan yang favorit dan yang cukup murah yang ada di Sumatera Utara. Disamping itu, Medan juga memiliki wisata kuliner. “Di Medan Sumatera Utara, hanya dua rasa makanan, enak dan enak sekali,” sebut Gubsu Erry

Presiden DMDI dan Ketua Menteri Malaka Tan Sri H. Mohd Ali bin Modh Rustam mengatakan bahwa dirinya cukup terkejut dengan perkembangan Sumatera Utara di bawah pimpinan Gubsu Dr Ir Erry Nuradi MSi. “Kepada yang pertama kali datang ke Medan, terperanjat juga tengok Medan ya, dibawah pimpinan Bapak Erry Nuradi,”sebunya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara yang telah bersedia menjadi tuan rumah konvensi ke-18 DMDI.

Disampaikannya tiba di Sumatera Utara di JW Marriot Majelis DMDI telah mengadakan pertemuan Majelis Tertinggi DMDI dan juga pertemuan Majelis Agung DMDI. Dan direncanakan mala mini setelah makan malam akan mengadakan Jambore Belia DMDI yang akan diikuti beribu orang belia.

Esoknya lanjutnya akan mengadakan Convention yang akan membicarakan 3 isu. Salah satunya tentang halal industri. “Kita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara yang selama ini mendukung segala kegiatan DMDI,”ujar Presiden DMDI.

Selanjutnya Gubernur bersama rombongan juga hadir membuka Jambore Pemuda Remaja Masjid se-Asean di halaman Gedung Serbaguna Sumut di Jalan Pancing. Dalam arahannya, Erry berpesan kepada para pemuda aga menjadikan momentum ini untuk saling silaturahim dan berbagi cerita dan pengalaman. Sebab meskipun berbeda negara, namun pada intinya disatukan dalam konteks keislaman.

“Remaja Islam (Masjid) harus bisa menjadi panutan, tauladan dan contoh baik bagi orang lain. Apalagi sekarang masalah narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas dan hal negatif lainnya,” sebut Gubernur.

Pembukaan kegiatan Jambore ini pun dihadiri oleh sejumlah negara yang menjadi bagian dari Konvensyen DMDI yang digelar di Sumatera Utara. (*)