Mandailing Natal – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr HT Erry Nuradi menyerahkan Surat Keputusan (SK) penugasan untuk 2.000-an guru tidak tetap (GTT)/non PNS bertempat di SMAN 1 Siabu Aek Milas Kabupaten Madina, Jumat (22/12).

Dalam kesempatan yang sama, diserahkan juga SK Kenaikan Pangkat untuk guru PNS di Kabupaten Madina, Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Kota Sibolga dan Padang Sidempuan untuk tingkat SMA/SMK dan SMP.

Usai penyerahan SK, Gubsu Tengku Erry Nuradi mengingatkan guru bahwa tantangan bagi pendidik semakin berat. “Sebagaimana kita tahu, tantangan mendidik generasi muda ke depan semakin berat. Apalagi saat ini era globalisasi dengan kecanggihan tekhnologi tentunya menuntut kita semua mampu berkompetisi terutama soal kemampuan. Itu bisa dipersiapkan tentunya melalui pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Oleh karenanya sangat penting peran serta tenaga pendidik yakni SDM yang dapat menguasai IPTEK. Untuk itu Gubsu berpesan kepada para kepala sekolah dan guru yang hadir agar mengedepankan kualitas peserta didik.

“Kemajuan suatu daerah dan negara tidak terlepas dari kemajuan SDM nya, berarti bidang pendidikannya lah sebagai kuncinya,” ujar Gubsu Erry.

Selanjutnya, disampaikan Erry bahwa Pemprovsu terus mengedepankan program berbasis internet antara lain sistem penerimaan siswa baru (PPDB) secara online sehingga banyak siswa tidak mampu bisa masuk ke sekolah yang dikategorikan favorit. “Tidak ada lagi titipan dari orang tertentu, sehingga mereka yang kurang mampu tetapi berprestasi, akan mendapatkan kesempatan yang sama,” terangnya.

Selanjutnya mengedepankan sistem ujian akhir berbasis komputer, pada tahun 2016 dari 2.000 SLTA hanya 90 SLTA yg menggunakan ujian nasional berbasis komputer, tetapi sejak April 2017 sudah 1.500 sekolah yang melakukan UNBK. Dengan sistem UNBK ini, Gubsu berharap tidak ada lagi kebocoran soal dan hasil dapat diperoleh lebih cepat.

Disamping itu juga diharapkan siswa-siswa harus menguasai sistem tekhnologi agar kita dapat maju bersama, karena sebagai calon pemimpin ke depan harus disiplin dan bebas narkoba.

“Masa depan kalian semua berada ditangan kalian masing-masing, orang tua dan guru hanyalah sebagai pendorong, ” pesan Gubsu kepada para mahasiswa.

Kedepannya Pemprovsu akan menerapkan sistem online kenaikan pangkat untuk menghindari pungutan liar (pungli). Diharapkan Sumut dapat menjadi pioner bagi daerah lain di masa mendatang.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada guru yang diberi tugas (GTT) di Sumut. Dan penyerahan ini akan kita lakukan untuk semua UPT Disdik di seluruh daerah di Sumut,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Mandailing Natal (Madina) H Dahlan Nasution mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubsu Erry. Para siawa, guru dan masyarakat Madina sangat senang atas kehadiran Gubsu beserta rombongan karena hal ini sudah sangat dinanti-nantikan mengingat kerinduan yang sangat akan kehadiran Gubernurnya.

Hadir para SKPD Provsu, unsur Forkopimda Kabupaten Madina, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh budaya Direksi Bank Sumut, Ketua AMPI Sumut, Kepala UPT, Kepala Kepsek, unsur Muspika dan para Camat, para guru dari Madina, ormas, para pelajar serta masyarakat sekitar.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan piala bergilir bola volley serta pelepasan gerak jalan siswa dalam rangka Sosialisasi Bahaya Narkoba dalam rangka menyemarakkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 34 Tingkat Provsu.