Gubsu Targetkan Tahun Depan Sumut Tuan Rumah POPNAS.

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Ir H Tengku Erry Nuradi menargetkan tahun depan, Sumut harus menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan pekan olahraga pelajar nasional (POPNAS) yang ke-XV. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan citra Sumut sebagai provinsi yang peduli terhadap perkembangan olahraga.

Hal itu diungkapkan Gubsu dalam acara pengukuhan dan pelepasan kontingen POPNAS XIV tahun 2017 provinsi Sumut di Aula Martabe, Jumat (8/9). Turut hadir Danlanud Soewondo Medan yang juga ketua PASI, Kolonel Pnb Daan Sulfi, anggota DPRD Sumut, Muchrid Nasution yang juga Ketua PRSI, Ketua Umum Koni Sumut, Jhon Ismadi Lubis dan Kadispora Provsu sebagai ketua Kontingen POPNAS XIV Provsu, Baharuddin Siagian serta Ketua Umum Pengprov cabang Olahraga POPNAS dan para atlet, pelatih serta official kontingen.

“Atas nama Pemprovsu dan masyarakat Sumut, saya menyambut baik keikutsertaan kontingen Provsu pada POPNAS XIV di Semarang, Jawa Tengah. Dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di POPNAS, Sumut akan mengikuti 15 cabang olahraga,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry berpesan kepada seluruh atlit agar dapat menjaga nama baik Sumut. Sebab dalam kegiatan tersebut, seluruh atlit akan berinteraksi kepada seluruh pelajar dari 34 provinsi di Indonesia. Tentu kesempatan itu jangan disia-siakan, diharapkan seluruh atlit dapat menjaga nama baik Sumut sekaligus menjadi duta Sumut di tingkat nasional.

“Jadi kalau di sana nanti ada pertemuan, saling interaksi sampaikanlah salam Sumut dan tanamkan rasa bangga menjadi masyarakat Sumut. Kalian harus menanamkan rasa bangga karena kalian ini mewakili sekian ribu pelajar di Sumut. Artinya, kalian bukan hanya membawa nama sendiri, melainkan sudah membawa nama Sumut. Makanya, bawa sense of belongi provinsi ini, dengan begitu akan muncul rasa berjuang untuk dapat berprestasi,” papar Erry.

Selain itu, Erry mengharapkan dengan jumlah penduduk Sumut sebanyak 14 juta orang, maka Sumut saat ini berada pada peringkat 5 di Indonesia. Oleh karenanya dalam setiap even apapun, Sumut harusnya dapat masuk dalam lima besar peringat teratas.

“Kalau kita lihat dalam POPNAS tahun 2015 lalu di Jawa Barat, Sumut memperoleh 6 emas, 9 perak dan 11 perunggu serta menduduki peringkat 10 nasional. Artinya, kalau tahun ini kita berada di atas peringkat 10 nasional maka tahun ini kita lebih jelek, tapi kalau tahun ini kita berada di bawah peringkat 10, pastinya prestasi tahun ini kita lebih baik, makanya saya harapkan Sumut bisa meraih prestasi sebanyak-banyaknya,” papar Erry.

Dikatakan Erry, Pemprov Sumut juga berkomitmen untuk menggiatkan olahraga, hampir setiap bulan ada even olahraga yang digelar oleh Pengprov yang cabang olahraganya ada di lebih dari setengah kabupaten/kota di Sumut.

“Kita memiliki 60 cabang olahraga, yang aktif ada 30 cabang olahraga. Kalau dibagi 12 bulan dalam setahun, minimal bisa dua hingga tiga cabang olahraga yang menggelar kejurda memperebutkan piala Gubsu dalam setiap bulan dan ini sudah kita lakukan dari tahun lalu,” terang Erry.

Sementara untuk mengembalikan citra Sumut sebagai Provinsi yang peduli terhadap perkembangan olahraga, Erry menyebutkan kalau tahun depan Sumut dapat menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan POPNAS.

“Tahun ini kita sudah sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN), tahun depan kita juga tuan rumah MTQ nasional, makanya kita berharap Sumut juga bisa menjadi tuan rumah POPNAS tahun depan,” kata Erry.

Kadispora Provsu yang juga sebagai ketua kontingen POPNAS Provsu 2017, Baharuddin Siagian mengatakan, jumlah kontingen Sumut yang diberangkatkan mengikuti POPNAS di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 10 sampai dengan 21 September, berjumlah sebanyak 220 orang, yang terdiri dari ketua, wakil ketua, pendamping dan atlit dari 15 cabang olahraga serta pelatih.

“Kami harapkan kontingen yang kita berangkatkan ini bisa mencapai puncak prestasi dalam POPNAS XIV di Semarang,” ujar Baharuddin.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.