MEDAN – Organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) diharapkan dapat menjadi contoh pemuda yang bisa mengedepankan moral force atau kekuatan moral. Sebab, banyak sekali pemuda yang saat ini terlibat hal-hal negatif seperti narkoba.

“Saya berharap KNPI Sumut bisa menjadi wajah pemuda Sumut dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti anti narkoba. Saya juga berharap KNPI bisa mengedepankan moral force,” ujar Gubsu, Tengku Erry Nuradi didampingi Kadispora Provsu, Baharuddin Siagian, saat menerima audiensi pengurus KNPI Sumut di ruang Gubsu, Senin (18/9).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua KNPI Sumut, Yamitema T Laoly, Wakil Ketua Indra Mada Ritonga dan Thamrin SE serta Wakil Sekretaris, Gordon Manurung dan Akbar Kempo.
Lebih lanjut dikatakan Erry, narkoba bagi pemuda Indonesia saat ini merupakan musuh bersama. Begitu juga menyikapi kondisi pemuda saat ini, sudah banyak pemuda yang tidak lagi mengedepankan etika, anak muda tidak lagi menghormati ortu. Begitu juga dengan gotong royong dan kekompakan yang sudah mulai runtuh.

“Untuk itulah kita berharap KNPI Sumut bisa mengedepankan dan menjadi pelopor terhadap hal ini. Kita boleh saja berbeda pendapat, namun sampaikanlah hal itu dengan cara-cara yang beretika. Apalagi sebentar lagi di Sumut akan menggelar pilkada dan pilgubsu, tentu akan terjadi dinamika politik. Kita harapkan jangan ada yang saling jelek menjelekkan ataupun saling menjatuhkan, sampaikanlah program yang baik yang bisa merangkul rakyat dan bisa diterima masyarakat,” paparnya.

Ketua KNPI Sumut, Yamitema T Laoly mengatakan, kehadiran mereka untuk beraudiensi dengan Gubsu tak lain ingin menyampaikan agenda, kalau KNPI Sumut akan menggelar program acara Sumpah Pemuda sekaligus dirangkaikan dengan rakerda tingkat provinsi yang akan digelar pada tanggal 28 Oktober di Medan. “Dalam acara itu juga sekalian kami akan mengadakan kampanye pilkada damai, dan kami ingin mengundang Gubsu untuk hadir pada kegiatan tersebut,” ujar Yamitema.

Lebih lanjut dikatakan Yamitema, KNPI Sumut selama ini telah banyak memberikan kontribusi untuk menguatkan program Pemuda Sumut dan menyatukan pemuda Sumut untuk membangun Sumut.

Dalam kesempatan itu, Yamitema juga mengatakan keprihatinannya dengan keadaan bangsa saat ini, dimana banyak pihak yang memecah belah mengenai dinamika politik Negara. Untuk itu, kata Yamitema pihaknya siap untuk menyatukan kembali yang sudah terpecah.

“Kita lihat memang sekarang ini di media sosial banyak yang melakukan hoax, saling memfitnah. Di media sosial kadang kita lupa perkataan kalau apa yang kita lakukan mungkin berseberangan dengan pendapat teman-teman kita. Di sinilah kami akan berupaya untuk menyatukan yang terpecah dan kami akan menggelar kampanye pilkada damai pada acara Sumpah Pemuda nanti,” ujar Yamitema.()