Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Labura, Wagubsu Ajak Semua Pihak Rangkul dan Sayangi
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kabupaten Labuhan Batu Utara 2018 di kediaman pribadi Bupati Labuhan Batu Utara Khairudin Syah, Desa Kota Batu Kecamatan Na.IX.X Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kamis (13/12/2018). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

LABURA – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kabupaten Labuhanbatu Utara 2018 di kediaman pribadi Bupati Khairuddin Syah, Desa Kota Batu, Kecamatan Na IX.X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kamis (13/12).

Pada kesempatan itu, Wagubsu mengajak semua pihak untuk merangkul, membantu dan memberikan hak yang sama kepada penyandang disabilitas. “Mari rangkul dan bantu mereka, beri hak mereka seperti orang normal,” ujarnya.

Wagubsu Musa Rajekshah yang akrab sapa Ijek, dengan rasa penuh perhatian menghampiri para penyandang disabilitas yang hadil. Bahkan, merangkul salah seorang peserta yakni Nessa Triani (13), diserang penyakit virus toksi dan mengakibatkan lumpuh.

Dengan dibantu kursi roda dan hanya bisa terduduk, gadis cantik yang beranjak remaja ini menerima tangan Wagubsu, karena tidak bisa mengerakkan tanggannya sambil mengucapkan terima kasih. Kendati lumpuh Nessa mahir melukis dan memiliki suara yang indah ketika beryanyi.

Dengan keahliannya tersebut, Wagubsu merasa kagum dan bangga. “Saya kagum meski dia mengalami kondisi lumpuh tapi Allah SWT memberi kelebihan yang orang normal tidak miliki,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Labura Kharuddin Syah mengharapkan ke depan tidak ada lagi penyadang disabilitas Kabupaten Labura yang merasa tersisih atau terabaikan. Karena itu, Pemkab melalui Dinas Sosial akan berupaya mendata untuk mensejahterakan kaum disabilitas.

“Untuk tahun ini, saya mengajak 50 orang penyandang disabillitas makan di kediaman pribadi saya, yang tujuannya sebagai rasa sayang dan ibadah kepada Allah SWT untuk saling berbagi, dan saya bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT pada saya dan keluarga,” ungkapnya.

BACA JUGA  Nikmati Keindahan Danau Toba, Wagubsu : Danau Toba Anugerah Terindah Sumut

Dikatakanya, hendaknya semua pihak memberikan akses kepada penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, pendidikan, kesehatan, pemenuhan gizi dan perlindungan sosial. Dengan memberikan kemudahan akses tersebut, diharapkan mereka lebih siap untuk memanfaatkan peluang dan menjadi agen perubahan.

“Saya harapkan, bagi penyandang disabilitas, agar tidak malu dan tetaplah berupaya melakukan aktivitas. Tetaplah bersyukur, dengan apa yang telah dianugrahkan Allah Tuhan yang maha Kuasa kepada kita dan teruslah berjuang untuk menjadi lebih baik,” harapnya.

Usai dari Peringatan Hari Disabilitas, Wagubsu kembali dijamu Bupati Labuhanbatu Utara sambil kunjungan kerja di Aula Kantor Bupati Labura. Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan rencana pembangunan mulai dari pembangunan jalan, hingga usulan rencana penambahan kelas plus untuk SMU 1.

Turut hadir mendampingi Wagubsu, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi dan Kadis Perkebunan Provsu Herawati. Juga hadir OPD Pemkab Labura, para ulama dan tokoh masyarakat.**