Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri kegiatan Safari Ramadan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian, Selasa (14/5) di Hanggar Apron Charlie Lanud Soewondo, Medan. (humaspemprovsumut)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri kegiatan Safari Ramadan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian, Selasa (14/5) di Hanggar Apron Charlie Lanud Soewondo, Medan. Gubernur berharap kedamaian Pemilu 2019 di Sumut dapat terus terjaga.

Edy Rahmyadi menyambut rombongan Panglima TNI dan Kapolri di Apron Charlie bersama dengan Ketua DPRD Wagirin Arman, Pangdam I/BB MS Fadhilah, Kapolda Sumut Agus Andrianto, Danlanud Soewondo Dirk Poltje Lengkey, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan tokoh-tokoh agama serta tokoh masyarakat termasuk mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Panglima TNI dan Kapolri yang sudah mau meringankan langkahnya untuk silaturahmi ke Medan, dalam rangka Safari Ramadan,” kata Edy Rahmayadi, usai salat tarawih berjamaah di Hanggar Apron Charlie Lanud Soewondo.

Medan merupakan kota ke empat yang disinggahi Panglima TNI dan Kapolri untuk Safari Ramadan tahun ini setelah Surabaya, Bandung dan Makassar. Selain untuk silaturahmi, pada Safari Ramadan kali ini Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumut, TNI dan Polri karena sukses menjalankan Pemilu dengan damai.

“Pemilu sukses dan damai. Kita perlu menjaga ini terus menerus, Sumut harus menjadi contoh Pemilu damai dan keberanekaragaman budaya yang tentram di Indonesia,”ujar Edy.

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan, Sumut merupakan barometer kestabilan di Indonesia Bagian Barat, sehingga TNI dan Polri perlu bijak melihat perubahan di Sumut. “Saya ingin berterimakasih kepada masyarakat Sumatera Utara, TNI dan Polri yang telah menjaga Pemilu berjalan dengan damai. Tentunya, tanpa kerja keras kita ini tidak akan terwujud,” kata Panglima TNI saat memberikan kata sambutan usai salat Magrib berjamaah.

BACA JUGA  Gubernur : Pembangunan Sumut Butuh Peran Akademisi

Panglima TNI juga mengatakan agar kedamaian Pemilu di Sumut bisa tetap terjaga sampai adanya pengumuman resmi dari KPU. “Saya harap keamanan dan kedamaian ini masih terjaga hingga pengumuman resmi penghitungan suara KPU 22 Mei nanti,” terangnya.

Menurut laporan Pangdam I/BB MS Fadhilah, Safari Ramadan Panglima TNI dan Polri kali ini dihadiri sekitar 2000 orang yang terdiri dari Forkopimda, anggota TNI dan Polri, tokoh masyarakat dan undangan. Dia juga berharap kestabilan di Sumut bisa menjadi kesejukan untuk masa depan bangsa.

“Safari Ramadan ini dihadiri 20 Forkopimda, 750 dari Angkatan Darat, 350 Angkatan Laut, 400 Angkatan Udara, 200 dari Polri dan 220 undangan serta pemuka agama dan tokoh masyarakat. Saya juga berharap keamanan dan kedamaian di Sumut bisa memberikan kesejukan untuk masa depan bangsa,” ujarnya.

Safari Ramadan Panglima TNI dan Polri diakhiri dengan salat Isya dan tarawih berjamaah di Hangar Apron Charlie Lanud Soewondo. Rombongan TNI dan Polri akan meninggalkan Medan melalui Lanud Soewondo untuk melanjutkan Safari Ramadan ke kota-kota lain di Indonesia.**