Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si menghadiri Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Medan yang ke 428 di Gedung DPRD Kota Medan Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (29/6/2018). Sekda berpesan agar kedepan Pemerintah Jota Medan beserta segenap elemen masyarakat harus terus bergandengan tangan dalam kebersamaan. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu : Veri Ardian)

MEDAN – Pembangunan daerah memiliki banyak masalah dan tantangan yang kompleks, sementara pemerintah memiliki keterbatasan dalam membangun daerahnya. Karena itu, seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan harus bergandengan tangan mendukung pembangunan Kota Medan.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi dalam rapat paripurna istimewa DPRD Medan tentang Hari Ulang Tahun (HUT) ke 428 Kota Medan di gedung dewan, Jumat (29/6).

“Dengan begitu semua hambatan, tantangan dalam berbagai sektor pembangunan, dapat diselesaikan. Itu untuk mewujudkan Kota Medan yang religius, maju, dan mandiri,” katanya.

Pj Gubsu juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian di Kota Medan dan Sumatera Utara (Sumut), selama penyelenggaraan Pilkada serentak yang aman dan kondusif.

“Terima kasih kepada masyarakat Sumatera Utara dan Kota Medan telah menggunakan hak pilihnya dan berperan serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, mudah-mudahan ini dapat kita pertahankan,” ujarnya.

Terkait dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang akan diselenggarakan di Sumut, diharapkan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. “Kita harus menjadikan provinsi Sumatera Utara, terutama Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang menjadi tuan rumah yang sukses dalam pelaksanaan kegiatan dan sukses dalam perlombaan,” katanya.

Semantara itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, perayaan Hari Ulang Tahun Kota Medan hendaknya tidak hanya sebagai seremonial tahunan saja. “Melainkan harus jadi semangat bagi kita untuk membangun kota secara berkelanjutan, bersatu padu dengan kokoh,” katanya.

Dikatakan Eldin, melalui APBD dan sumber pembiayaan lainnya, pembangunan kota terus diupayakan untuk mengatasi berbagai masalah perkotaan. Misalnya pembangunan infrastruktur untuk mengatasi kemacetan diadakan Light Rail Transit (LRT). “Untuk pembangunan LRT sudah melengkapi seluruh persyaratan administrasi, untuk segera dilakukan proses lelang,” kata Eldin.

Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung ketika memimpin rapat paripurna mengatakan HUT Kota Medan menjadi momentum untuk membangun semangat dan kekuatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Medan. “Semoga Kota Medan ini menjadi layak huni bagi kita semua,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Forkopimda, anggota DPRD Kota Medan, Tim Penggerak PKK Kota Medan dan tokoh masyarakat dan undangan lainnya.**