Kemerdekaan Tidak Diraih Secara Instan
Jadi Irup HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Sekdaprovsu: Kemerdekaan Tidak Diraih Secara Instan

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menyampaikan “Kerja Kita Prestasi Bangsa” tidak hanya menjadi tema HUT ke 73 Kemerdekaan RI, tapi juga membuka pikiran dan menyadarkan seluruh masyarakat, bahwa kemerdekaan, kemajuan dan keberhasilan tidak bisa diraih secara instan.

Hal itu disampaikan Sabrina ketika menjadi inspektur upacara (Irup) HUT ke 73 Kemerdekaan RI, Jumat (17/8) di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Dikatakan Sabrina, dengan kerja bersama atau gotong royong, berbagai persoalan dapat dipecahkan dan  cita-cita bisa direalisasikan. Sejarah juga telah membuktikan bahwa kemerdekaan yang diraih bukan  merupakan hasil kerja parsial, melainkan hasil kerja bersama dan kerja keras seluruh bangsa Indonesia.

“Semangat kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat pulalah yang membawa Provinsi Sumatera Utara memperlihatkan kemajuan  demi kemajuan politik,”ujarnya

Kata Sabrina, berbagai rangkaian prestasi yang telah diraih harus disyukuri. “Namun kita juga tidak boleh terlena, masih banyak tugas yang harus kita kerjakan demi membangun Provinsi Sumatera Utara. Tugas tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan juga menjadi tanggung jawab kita bersama,”ujarnya.

Mengenai Provinsi Sumatera Utara, Sabrina menjelaskan bahwa masyarakat Sumut harus bersyukur, karena daerah yang sangat heterogen terdiri atas berbagai suku bangsa dan agama hingga saat ini kehidupan  masyarakatnya rukun dan damai, terhindari dar konflik.

” Kemerdekaan dan kebersamaan dan kesatuan yang kita laksanakan selama ini, berbagai program pembangunan telah dapat kita rasakan hasilnya. Maka tak lepas dari kebanggaan kita atas perjuangan The Founding Fathers para pahlawan bangsa,”katanya.

Untuk itulah, menurut Sabrina, peringatan Hari Kemerdekaan harus dimaknai bukan hanya sebatas upacara seremonial semata. “Hakikat dari setiap kita menperingati adalah bagaimana sekarang dan seterusnya kita mewarisi dan melanjutkan perjuang para pahlawan bangsa sesuai tugas dan kedudukan kita masing- masing,”paparnya.

Upacara HUT RI  tersebut dihadir sejumlah  Kepala OPD juga  ASN dari jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.**